Berita  

Gelari Pelangi Bertujuan Meningkatkan Kesadaran Keluarga Indonesia akan Pentingnya Pendidikan dan Ketahanan Ekonomi

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Pj Ketua TP PKK Provinsi Bangka Belitung (Babel) Maya Pandapotan Pasaribu, sosialisasikan program Gerakan Keluarga Indonesia dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Pengelolaan Ekonomi (Gelari Pelangi), yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya Plpendidikan dan ketahanan ekonomi keluarga.

Hal ini, disampaikan Maya saat menjadi narasumber pada kegiatan penumbuhan kesadaran berkoperasi bagi kelompok masyarakat di Provinsi Babel, di Hotel Cordela, Pangkalpinang, pada Selasa (22/8/23).

“Salah satu tujuan dari Gelari Pelangi adalah meningkatkan kesadaran keluarga Indonesia akan pentingnya pendidikan dan ketahanan ekonomi keluarga,” ucap Maya.

Maya juga menyebutkan, beberapa program kerja Gelari Pelangi antara lain gerakan gemar membaca, peningkatan kualitas pendidikan dan keterampilan keluarga, penguatan ekonomi keluarga melalui pemanfaatan potensi sumber daya yang dimiliki. Selain itu, ada juga pengembangan usaha peningkatan pendapatan keluarga UP2K PKK, dab pembentukan/pengembangan koperasi PKK.

Dikatakan Maya Suganda, salah satu dari 10 program pokok PKK yakni mengembangkan kehidupan koperasi. Koperasi merupakan guru perekonomian Indonesia yang keberadaan, dan eksistensinya dijamin oleh undang-undang, yakni Undang-Undang Koperasi Nomor 25 Tahun 1992.

“Koperasi PKK memiliki beberapa maksud dan tujuan dalam pembentukan dan pengembangannya, antara lain membentuk dan mengembangkan koperasi sebagai kegiatan ekonomi masyarakat yang berbadan hukum, dan dikelola oleh TP PKK, meningkatkan kemampuan manajemen untuk mengelola koperasi oleh TP PKK. Kemudian, mengelola dan memanfaatkan potensi SDA dan SDM melalui koperasi PKK, membantu produk dari usaha keluarga, pelaku usaha, UP2KPKK, dan UMKM, serta kelompok usaha lainnya, serta menciptakan lapangan pekerjaan baru,” katanya.

Tak hanya itu, Maya juga mengharapkan dukungan untuk pembentukan, dan pengembangan koperasi PKK, antara lain perlunya peningkatan kompetensi kader PKK seperti pelatihan manajemen pengelolaan koperasi, perlunya dukungan dari kepala desa/kelurahan untuk mengalokasikan anggaran terkait pelaksanaan berbagai kegiatan PKK, khususnya pembentukan dan pengembangan koperasi PKK. Selain itu perlunya peningkatan atau penambahan variasi, atau ragam jenis produk yang dihasilkan atau dijual di koperasi.(**)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version