Berita  

Polda Babel Tanam 10 Ribu Bibit Tanaman di Lahan Exs Tambang Belakang BLK Babel

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung (Babel), menanam 10 ribu bibit tanaman dilahan bekas tambang yang berada di belakang Kantor BLK Provinsi Babel, Rabu (23/08/23).

Kapolda Babel, Yan Sultra dalam sambutanya mengatakan kegiatan penanaman bibit pohon di Babel, merupakan salah satu gerakan mengisi dan memaknai kemerdekaan RI. Serta penanaman pohon ini, juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional dan kelestarian alam di negeri tercinta.

“Penanaman pohon seperti ini, merupakan bentuk kepedulian dan kecintaan bersama dalam menjaga bumi dari pemanasan global dan perubahan iklim, hutan, lahan dan lingkungan yang ada di Bumi Serumpun Sebalai. Ini wajib kita lestarikan bersama agar tetap terjaga dengan baik dan memberi manfaat bagi kehidupan kita semua,” kata Kapolda.

Kapolda Babel menyampaikan, tujuan dan manfaat kegiatan penanaman pohon secara serentak oleh kepolisian diantaranya membuat tanah tetap kokoh, memelihara ketersediaan sumber daya air dan mencegah terjadinya erosi tanah. Selain itu, kegiatan ini juga untuk melestarikan pohon endemik Indonesia yang bisa dijadikan lahan pertanian serta menjaga ekosistem alam, mengurangi efek dari pencemaran udara dan global warming.

“Ini juga untuk melestarikan Sumber Daya Alam (SDA), yang sudah ada di hutan atau lahan dan meningkatkan produktivitasnya guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat,” ucap Kapolda Babel.

Yan berharap, melalui kegiatan ini, bukan hanya kegiatan seremonial semata namun dapat memberi manfaat nyata.

“Ini kita harap dapat mendorong masyarakat untuk peduli terhadap penghijauan baik di areal yang sudah rusak ataupun lingkungan sekitar, sesuai tema tahun ini lestarikan negeri, penghijauan sejak dini,” pungkasnya.

Yan menjelaskan, dalam penanaman ini, Babel akan melakukan penanaman berbagai jenis bibit pohon antara lain bibit kayu putih 1.000 batang, bibit jambu mete 900 batang, bibit pohon pinang 600 batang, bibit manggrove 4.300 batang, bibit ketapang 500 batang, bibit alpukat 200 batang, bibit durian 200 batang, bibit mahoni 200 batang, bibit sukun 100 batang, bibit cemara laut 300 batang, bibit blangir 1.000 batang, bibit mangga 600 batang dan bibit kayu camplung 100 batang. Total bibit pohon yang ditanam dalam penanaman serentak di Polda Babel adalah 10.000 bibit tanaman.

Penanaman ini dilakukan serentak, yang dipusatkan di Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur (NTT), oleh Kapolri untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78 tahun 2023.

Turut hadir, Penjabat (PJ) Gubernur Babel Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, Forkopimda Babel, Para Pejabat Utama Polda Babel serta Kepala dan pimpinan instansi terkait.(red)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version