Berita  

Ini Dia Sederet Prestasi yang Diraih Pemprov Kepulauan Babel di Era Kepemimpinan Suganda

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Meski belum genap setahun memimpin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) setempat, tercatat telah mengukir sejumlah prestasi.

Sejak dilantik Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada 31 Maret 2023 lalu, Suganda Pandapotan Pasaribu sendiri, terhitung baru 8 (delapan) bulan menahkodai Provinsi penghasil timah tersebut.

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi dari berbagai sumber, berikut sejumlah prestasi yang telah diukir oleh pria yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ombudsman Republik Indonesia (ORI) itu, selama delapan bulan menahkodai provinsi yang berjulukan Negeri Serumpun Sebalai.

  1. Indonesia Award
    Salah satu prestasi yang diraih oleh Suganda Pandapotan Pasaribu, selama memimpin Kepulauan Babel, yakni Indonesia Award kategori Excellent Award for Initiative Strategic, yang diserahkan oleh iNews, pada 31 Agustus 2023 lalu.

Penganugerahan penghargaan tersebut, bukannya tanpa dasar dan alasan. Hal itu dikarenakan,  Program Gubernur Langsung Eksekusi Kerja Bersama Membangun Bangka Belitung (Gule Kabung), yang digagas oleh Suganda Pandapotan Pasaribu, dinilai sebagai inisiatif yang luar biasa dari seorang Kepala Kepala Daerah, dalam menjalankan strategi untuk mendorong kemajuan daerah.

  1. Apresiasi Tokoh Indonesia
    Penghargaan selanjutnya, yang diraih oleh Pemprov Kepulauan Babel, selama masa kepemimpinan Suganda Pandapotan Pasaribu, sebagai Pj Gubernur yakni Apresiasi Tokoh Indonesia kategori Pemerintah Daerah Penggerak Kemajuan Daerah berciri Kepulauan dari Tempo Group.

Penghargaan tersebut, secara resmi diberikan kepada Pj Gubernur Kepulauan Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, di Kantor Ombudsman RI pada 1 September 2023 lalu.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap peran dan kontribusi Pemprov Kepulauan Babel, dalam menggerakkan kemajuan daerah berbasis kepulauan.

  1. Anugerah Merdeka Belajar
    Pada 31 Mei 2023 lalu, Provinsi Kepulauan Babel meraih penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Pemerintah Daerah, Sub kategori Program Indonesia Pintar, dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI.

Penghargaan yang digelar dalam rangka Bulan Merdeka Belajar, sekaligus memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 itu, disematkan kepada Negeri Serumpun Sebalai, lantaran termasuk dalam 3 provinsi terpilih se-Indonesia, selain Bali dan Jawa Barat.

  1. BKN Award 2023
    Upaya Pemprov Kepulauan Babel di era kepemimpinan Suganda Pandapotan Pasaribu, untuk mewujudkan manajemen kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berdasar pada sistem meritokrasi dalam upaya reformasi birokrasi dan mewujudkan good governance, mendapatkan pengakuan di tingkat nasional.

Hal tersebut terbukti dengan diraihnya penghargaan Badan Kepegawaian Negara (BKN) Award 2023 untuk klasifikasi Pemerintah Provinsi Tipe Kecil.

Tak tanggung-tanggung, dalam penghargaan tersebut, Pemprov Kepulauan Babel melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD), menyabet 2 (dua) penghargaan, yakni peringkat ke-2 Kategori Implementasi Manajemen kinerja ASN dan peringkat ke-5 Kategori Perencanaan Kebutuhan dan Mutasi Kepegawaian.

Suganda Pandapotan Pasaribu yang didampingi Kepala BKPSDMD Kepulauan Babel, Susanti, menerima langsung piagam penghargaan, yang diserahkan oleh Kepala Kantor BKN Regional VII Palembang, Margi Prayitno di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Babel, pada 07 September 2023 lalu.

  1. Peringkat 4 Peningkatan IPP Tertinggi di Indonesia
    Pada 8 September 2023 lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, memberikan penghargaan kepada lima provinsi yang memiliki Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tertinggi.

Lima provinsi peraih penghargaan tersebut antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan nilai IPP (67,50). Berikutnya provinsi Papua dengan capaian IPP tahun 2022 yakni (57,00), Provinsi Lampung dengan nilai IPP Tahun 2022 yakni (53,00), Kepulauan Bangka Belitung dengan capaian IPP Tahun 2022 yakni (52,67) dan Banten dengan capaian IPP Tahun 2022 yakni (52,17).

Penghargaan itu diberikan Menpora Dito pada acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemuda dan Olahraga 2023, di Jakarta International Velodrome. Pemberian penghargaan tersebut, merupakan bagian dari upaya sebagaimana dari surat Menteri Dalam Negeri kepada Gubernur, Bupati/Walikota Nomor 400.3.5/9106/Bangda tanggal 18 Agustus 2023, khusus untuk RAD pelayanan kepemudaan dalam rangka peningkatan IPP secara nasional.

  1. Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia
    Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri), memberikan penghargaan kepada Pemprov Kepulauan Babel, pada 8 September 2023 lalu, di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri Jakarta.

Penghargaan tersebut disematkan kepada Pemprov Kepulauan Babel lantaran Negeri Serumpun Sebalai atas partisipasi dan dukungan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia dari tanggal 1 Juni sampai dengan 31 Agustus 2023.

Atas raihan tersebut, Pemprov Kepulauan Babel menjadi salah satu dari 5 provinsi, yang menerima penghargaan serupa, bersama 14 pemerintah kabupaten/kota lainnya se-Indonesia.

Penyerahan penghargaan tersebut, dilakukan langsung oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo dan diterima Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kep. Babel Yunan Helmi yang didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kepulauan Babel, Umi Kalsum.

  1. Sertifikat Akreditasi LAN Tahun 2023
    Pada 30 Agustus 2023 lalu, Pemprov Kepulauan Babel melalui BKPSDMD, mendapatkan sertifikat Terakreditasi “A” sebagai Lembaga Pelatihan Pengadaan Barang/Jasa (LPPBJ).

Kepulauan Babel sendiri termasuk dalam LPPBJ wilayah I bersama dengan Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Sumatera Barat, Aceh, Bengkulu, Lampung, Riau dan Kepulauan Riau.

Berkat raihan tersebut, LPPBJ yang terakreditasi “A” dapat melaksanakan Pelatihan PBJ di wilayah kantor pusat dan/atau di provinsi domisili, yang dengan demikian, Provinsi Kepulauan Babel nantinya akan menjadi salah satu tujuan untuk melakukan Pelatihan PBJ bagi daerah-daerah yang ada dalam wilayah kerjanya.

  1. Anugerah Media Humas 2023
    Pemprov Kepulauan Babel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), kembali menorehkan prestasi, pada 30 Oktober 2023 lalu.

Tak hanya satu, Bidang IKP Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel memborong 3 (tiga) penghargaan Anugerah Media Humas 2023, meliputi Terbaik I Kategori Media Audio Visual serta Terbaik III Kategori Siaran Pers dan Media Internal (Inhouse Magazine).

  1. INDONESIAPERSADA.ID Award 2023
    Penghargaan teranyar yang diraih oleh Pemprov Kepulauan Babel di era kepemimpinan Suganda Pandapotan Pasaribu, didapatkan pada 1 November 2023 lalu.

Di mana, penghargaan tersebut dipersembahkan oleh Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) In Radio besutan bidang IKP Diskominfo Provinsi Kepulauan Babel, yang sukses menyabet penghargaan Terbaik II kategori Radio Host, pada perhelatan INDONESIAPERSADA.ID Award ke IV, yang berlangsung di Prama Sanur Beach, Denpasar Bali.

  • Penghargaan perlindungan konsumen dari Kementerian Perdagangan, Direktorat perlindungan konsumen dan tertib niaga, Jumat 10 November 2023

(WA)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version