Berita  

Bukit Besar Jadi Kampiun Lomba Kebersihan se-Pangkalpinang

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya dinobatkan sebagai yang terbaik dalam lomba kebersihan, se-Kota Pangkalpinang. Kelurahan Bukit Besar berhasil menyisihkan puluhan Kelurahan lainnya, dalalm lomba yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang.

Hal ini diketahui saat acara pengumuman dan pembagian hadiah lomba kebersihan kelurahan tingkat Kota Pangkalpinang tahun 2023, di Ruang OR Kantor Walikota Pangkalpinang, Senin (11/12/23) sore.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bartholomeus Suharto menyampaikan rasa syukur atas gebrakan Pj Walikota Pangkalpinang dalam pembangunan Kota Pangkalpinang dari sisi sampah.

“Pertama-tama saya ucapkan syukur ibu Pj Wali Kota Lusje hadir di Kota Pangkalpinang langsung gebrakan yang pertama dan cepat melihat pembangunan Kota Pangkalpinang dari sisi sampah. Terimakasih buk untuk perhatian yang luar biasa terhadap sampah,” ucapnya.

Suharto menjelaskan jika permasalahan sampah merupakan permasalahan nasional, saat ini belum ada kota yang bebas sampah, jadi hampir semua kota bermasalah dengan sampah, walaupun ada slogan lain sampah adalah berkah.

“Kita tentu tau permasalahan sampah ini merupakan permasalahan nasional, sampai sekarang saya melihat belum ada satu kota pun yang bebas sampah, jadi hampir semua kota bermasalah dengan sampah. Sampah selalu jadi masalah padahal ada slogan lain sampah adalah berkah,” jelasnya.

“Di Pangkalpinang juga begitu bapak ibu banyak orang kaya karena sampah, karena memilah sampah, mengepul sampah mereka jadi kaya, cuma masalahnya kita di dalamnya belum mengambil peran,” ucap Suharto.

Ia menambahkan jika di Pangkalpinang sendiri sampah kurang lebih 150 ton, TPA saat ini memiliki luas 4,7 hektar sudah hampir penuh, bahkan dikatakan sudah tidak layak pakai, hanya upaya untuk memindahkan TPA regional untuk saat ini belum memungkinkan.

“Di Pangkalpinang sendiri sampahnya kurang lebih 150 ton, dari 150 ton 120 ton semuanya dibawa ke TPA setiap hari, tempat kita 4,7 hektar hampir penuh, bahkan dikatakan sudah tidak layak pakai, hanya upaya untuk memindahkan TPA regional untuk saat ini belum memungkinkan. Karena ada kebijakan nasional sampai 2030 tidak ada pembangunan TPA,” ujarnya.

“Sekarang kami ada Tempat Pembuangan Terpadu (TSP) salah satu energinya adalah RDF
mengelolah sampah menjadi energi, kita masih menunggu dari provinsi semoga proposal kita disetujui,” harap Suharto.

Di kesempatan yang sama Pj Wali Kota Lesje Anneka Tabalujan mengucapkan selamat kepada Kelurahan yang mendapatkan juara. Serta mengucapkan terimakasih sudah membuat lingkungan menjadi bersih.

“Selamat bagi teman-teman kelurahan ynag sudah juara, tadi kita sudah dengar juara 1 dari Kelurahan Bukit Besar, kemudian juara 2 Kelurahan Sinar Bulan dan juara 3 Kelurahan Pasir Garam, saya ucapkan terimakasih teman-teman di kelurahan untuk membuat lingkungannya menjadi bersih,” ujarnya.

“Alhamdulillah bapak ibu kita sudah boleh melihat beberapa jalan yang awalnya kotor, benar-benar kotor orang membuang sampah sembarangan, tapi hari ini kita sudah bisa melihat Kota Pangkalpinang sudah bersih, ini adalah awal ya bapak ibu, bagi yang menang akan mempertahankan itu,” lanjut Pj Wali Kota Lusje. (Wln)

Daftar Kelurahan Pemenang Lomba Kebersihan:

  1. Juara 1: Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Girimaya
  2. Juara 2: Kelurahan Sinar Bulan Kecamatan Bukit Intan
  3. Juara 3: Kelurahan Pasir Garam Kecamatan Pangkal Balam
  4. Juara 4: Kelurahan Batin Tikal Kecamatan Taman Sari
  5. Juara 5: Kelurahan Gabek II Kecamatan Gabek
  6. Juara 6: Kelurahan Keramat Kecamatan Rangkui
  7. Juara 7: Kelurahan Kacang Pedang Kecamatan Gerunggang.

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version