Dukung Pengelolaan Zakat Daerah, Bupati Bangka Selatan Raih Anugerah Baznas Award 2024

BABELTERAKTUAL.COM – Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid meraih penghargaan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI pada acara Baznas Awards tahun 2024 yang berlangsung di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Sebagai pemimpin daerah, Riza dinilai berperan strategis dalam meningkatkan kualitas serta dinilai memiliki kebijakan dalam mendukung pengelolaan zakat daerah.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Baznas RI Noor Achmad kepada Bupati Basel Riza Herdavid yang diwakili oleh Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi.

Usai menerima penghargaan itu, Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih ke semua pihak.

Menurut dia, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri karena, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung hanya Kabupaten Bangka Selatan yang mendapat apresiasi dan penghargaan dari Baznas RI.

“Saya mewakili Bupati Bangka Selatan tentu saja merasa senang dan bersyukur bahwa Bangka Selatan, khususnya Bupati Bangka Selatan, Bapak Riza Herdavid mendapatkan penghargaan langsung dari Baznas RI. Artinya kepemimpinan kami (Riza-Debby) telah mendorong maksimal pengelolaan zakat untuk kepentingan masyarakat, khususnya mustahiq di Bangka Selatan,” kata Debby.

Dijelaskan Debby, Pemkab Bangka Selatan sendiri sudah mengeluarkan regulasi perbup yang memayungi kewajiban berzakat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)

Hal ini dilakukan agar ASN di Bangka Selatan, khususnya yang muslim untuk menjadi contoh dalam kewajiban mengeluarkan zakat.

Sementara, berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Baznas Bangka Selatan, pengelolaan zakat terus mengalami peningkatan, seperti nilai pengumpulan zakat yang meningkat signifikan dari sekitar 160 jutaan per bulan menjadi 260 juta per bulan.

Selain itu, pola pendistribusian zakat di Kabupaten Bangka Selatan juga lebih responsif.

Zakat yang terkumpul juga biasanya dalam waktu kurang dari satu bulan langsung disalurkan sehingga segera bisa dimanfaatkan.

“Berbagai inovasi lain juga telah dilakukan agar pelayanan kepada mustahiq lebih prima. Hal ini dilihat oleh Baznas RI sebagai sebuah langkah dan kebijakan yang berkualitas,” pungkasnya. (Rk)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version