Lebihi Target, Partisipasi Pemilih di Bangka Tengah Capai 87,60 Persen, Naik 4 Persen

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mencatat tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2024 mencapai 87,60 persen.

Angka ini naik 4 persen dari Pemilu serentak tahun 2019 lalu sebesar 83 persen lebih.

Selain itu, angka tersebut melebihi target sebelumnya, 85 persen. Ketua KPU Kabupaten Bangka Tengah, Supendi merasa bersyukur atas kenaikan tingkat partisipasi masyarakat dalam memilih di wilayahnya.

Supendi mengatakan keberhasilan ini merupakan kerja keras semua pihak termasuk media dan para peserta pemilu.

“Alhamdulillah, untuk Kabupaten Bangka Tengah partisipasi masyarakat dalam memberikan suaranya sebesar 87,60 persen pada Pemilu serentak tahun 2024 ini,” ujarnya, Jumat (1/3/2024).

Menurutnya keberhasilan tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bangka Tengah tidak terlepas dari berbagai faktor.

“Seperti peran serta semua elemen, mulai dari melakukan sosialisasi yang gencar dari penyelenggara pemilu, baik dari KPU, PPK, PPS dan KPPS, ditambah lagi peran serta pemerintah daerah yang ikut dalam mensosialisasikan pemilu kepada pemilih pemula,” ujarnya.

“Peran serta kawan-kawan media yang aktif memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat terkait Pemilu serentak tahun 2024, serta peran serta partai politik peserta pemilu dalam mengajak masyarakat untuk memilih pada Pemilu tahun 2024,” lanjutnya.

Meski demikian, tingkat partisipasi masyarakat Kabupaten Bangka Tengah sebesar 87,60 persen masih bukan yang tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Belum kalau se Babel, yang pasti pencapaian ini membuat kami sebagai penyelenggara pemilu sangat bersyukur,” pungkasnya. (SA)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version