Pentingnya Perizinan, Pemkab Bangka Tengah Gencar Sosialisasi ke Pelaku Usaha

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah (Bateng), Algafry Rahman menyampaikan pihaknya memiliki tanggungjawab memberikan pembinaan terhadap pelaku usaha di wilayahnya untuk mendapatkan perizinan usaha.

“Pemerintah Daerah Bangka Tengah memiliki tanggungjawab dalam rangka membina pengusaha di Bangka Tengah mendapatkan perizinan berusaha berbasis resiko atau OSS RBA,” ungkap Algafry, Minggu (17/3/2024).

Kata Algafry, Online Single Submission (OSS RBA) wajib digunakan oleh pelaku usaha, kementrian lembaga hingga Pemda.

“Perizinan ini perlu dipelajari oleh pelaku usaha di Bangka Tengah yang ingin mengembangkan usahanya dan kita sudah memfasilitasi ini dengan memberikan sosialisasi bertahap,” tuturnya.

“Dalam sosialisasi ini, pelaku usaha diperbolehkan bertanya, apabila ada kendala dalam membuat perizinan,” tambahnya.

Ia memprediksi, ke depan usaha di Bangka Tengah akan didominasi usaha mikro, seperti olahan makanan.

“Kalau saya, kedepannya lebih condong ke usaha olahan makanan, karena sepertinya usaha lainnya sudah berkurang, maka kita beralih ke olahan makanan, seperti hasil pertanian, contohnya durian,” ujarnya.

“Dari durian ini bisa kita kembangkan melalui UMKM, seperti manisan durian dan lainnya, tentu nanti akan kita kembangkan bersama DisperindagkopUKM untuk bisa membantu masyarakat berlatih, agar hasil pertanian bisa dikelola menjadi produk,” terangnya.

“Apalagi pertambangan di Bangka Tengah tidak akan bertahan selamanya, maka memanfaatkan hasil pertanian menjadi produk adalah solusi kedepan dan semoga pelaku usaha di Bateng bisa lebih maju lagi, setelah mendapatkan perizinan yang jelas,” pungkasnya. (SA)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version