Pj Wali Kota Lusje Hadiri Kick Off Serambi 2024 Serta Penandatanganan Himbauan Belanja Bijak Jelang HBKN Idul Fitri 1445 H

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalukan, menghadiri acara Kick Off Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024, serta Penandatanganan Himbauan Belanja Bijak Menjelang HBKN Idul Fitri 1445 Hijriyah oleh Bank Indonesia Provinsi Babel, di Alun-alun Taman Merdeka, Kota Pangkalpinang, Rabu (20/03/24) pagi.

Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Provinsi Babel peredaran uang bejalan deng lancar, ia juga meminta kepada Bank Indonesia Provinsi Babel untuk memastikan peredaran uang berjalan dengan lancar, serta memastikan setiap ATM penuh.

“Di Babel peredaran uang itu berjalan lancar biasa nya kalo ramadhan itu selesai ramadhan seperti lahir kembali suci, bersih, baru, jadi diri baru, baju baru uang baru,” ujarnya.

“Oleh karena itu sebagaimana fungsi dari Bank Indonesia memastikan peredaran uang ini berjalan dengan lancar, memastikan tiap-tiam ATM penuh, kalo bisa ATM-ATM uang nya baru juga, jadi bukan cuma di depot Serambi 2024 ini saja, hal ini dapat mengurangi antri di mobil penukaran,” kata Pj Gubernur Safrizal.

Dalam kesempatan itu juga, Pj Gubernur Safrizal menjelaskan masalah bijak belanja, ia meminta kepala daerah berkomunikasi efektif dengan masyarakat untuk tidak memborong kebutuhan, karena ini menentukan jumlah barang yang beredar.

“Bapak ibu sekalian, terkait masalah bijak belanja sesuai dengan yang diomongin Pak Romi, nanti saya minta kepala daerah berkomunikasi efektif dengan masyarakat untuk tidak memborong kebutuhannya, karena ini menentukan jumlah barang beredar. Kalo borongnya secara habis-habissan orang lain ngak kebagian, nanti todak stabil harganya,” jelas Pj Gubernur Safrizal.

Ia pun meminta Kepala Dinas Perdagangan dan Industri untuk komunikasi dengan pihak distributor, apabila besok tiba-tiba harga naik, pihaknya dapat melakukan sesuatu dan langsung bisa mengambil langkah.

“Kemudian Pak Kadis Perdagangan dan Industri nanti komunikasikan juga dengan para diatributor, saya minta info kalo tiba-tiba besok harganya naik cepat, supaya ada sesuatu yang bisa kita lakukan. Agar kita bisa segera mengambil langkah-langkah, nah jadi ini perlu komunikasi baik dengan masyarakat, maupun dengan Forkopimda dan seluruh elemen bisnis,” jelasnya.

“Mudah-mudahan dengan komunikasi yang baik itu, dan selama ini sudah kita jalankan, serta ini cukup berkontribusi terhadap stabilisasi ekonomi kita. Bank Indonesia selalu komandan perbankan, tentu memiliki divisi khusus yang monitor ini terus-menerus, ini tentunya sangat membantu pemerintah daerah dalam penyelenggaraan urusan kepemerintahan nya,” tutup Pj Gubernur Safrizal.

Sementara Pj Wali Kota Lusje menyampaikan rasa syukur, Kota Pangkalpinang dapat fasilitas untuk menukar uang, ia mengatakan bagi masyarakat silahkan pergunakan fasilitas ini dengan baik, karena acara ini hanya dua hari.

“Alhamdulillah lounching Serambi 2024 dilaksanakan di Kota Pangkalpinang, saya bersyukur jadi masyarakat Kota Pangkalpinang dapat fasilitas untuk menukar uang, karena biasanya kita pas lebaran ada yang namanya THR dan lain-lain. Kita bisa dapat uang baru, silahkan masyarakat pergunakan fasilitas ini karena hanya dua hari, yaitu tangga 20, 21 Maret,” katanya.

Terkait dengan bijak, Pj Wali Kota Lusje menjelaskan bahwa seperti yang ia katakan di setiap pertemuannya, ia selalu mengingatkan belanja lah sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan.

“Kalo untuk belanja bijak seperti yang setiap kali di pertemuan saya, saya selalu mengingatkan belanja nya sesuai dengan kebutuhan, jangan sesuai keinginan karena keinginan kita pasti banyak sekali ya,” ucap Pj Wali Kota Lusje.

“Jadi kalo misalnya satu bulan kita menggunakan beras 10 kilogram per orang, beli saja 10 kilo, supaya stok di luar tersedia serta harga tidak akan melonjak, tapi kalo stok sudah masuk ke rumah-rumah, maka di pasar jadi meningkat harganya,” imbuhnya. (Wln)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version