Dinilai Berhasil Lindungi Tenaga Kerja, Pemkab Basel Raih Penghargaan Paritrana Award Terbaik 2

BABELTERAKTUAL.COM – Dinilai berhasil dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi seluruh sektor pekerja, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berhasil meraih predikat terbaik ke 2 Paritrana Award Tahun 2024 tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penghargaan Paritrana Award yang diberikan langsung oleh Pj Gubernur Babel, Safrizal ZA melalui Kepala BPJS Ketenagakerjan Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu, diterima langsung oleh Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Rabu (27/3/24).

“Alhamdulillah, kita bersyukur Bangka Selatan meraih predikat terbaik ke-2 Bidang Perlindungan Tenaga Kerja melalui Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ucap Wakil Bupati Basel, Debby Vita Dewi.

Debby menjelaskan prestasi yang diraih oleh Pemkab Basel ini, karena dinilai cakupan perlindungan tenaga kerja di Bangka Selatan telah mencapai tingkat yang lebih tinggi.

“Cakupan ini juga tidak hanya meng cover tenaga kerja perusahaan dan pegawai pemerintah saja, tetapi juga pekerja informal yang beresiko rentan. Karena pekerja informal yang rentan ini termasuk pekerja yang sudah berusia rentan,” jelas Debby.

Selain itu, kata Debby, Pemkab Bangka Selatan dalam beberapa tahun terakhir ini juga telah mengalokasikan anggaran perlindungan pekerja termasuk pekerja informal.

Tak hanya itu, Pemkab juga sudah mengeluarkan regulasi terkait perlindungan pekerja, termasuk pekerja informal yang ada di desa, sehingga kolaborasi melalui cost-sharing dapat dilakukan. Dengan tujuan agar para pekerja dapat terlindungi untuk resiko pekerjaan yang dihadapi, seperti kecelakaan kerja dan kematian.

“Pemerintah Daerah juga telah mengalokasikan perlindungan pekerja dan telah mengeluarkan regulasi terkait perlindungan pekerja. Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen dan keberpihakan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terhadap pekerja,” tuturnya. (RK)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version