DPKP Bateng Serahkan Bantuan Alsintan, Ada Traktor dan Kompos

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada Gapoktan/Poktan dan UPJA penerima bantuan di Halaman Kantor DPKP Bateng, pada Selasa (11/6/2024).

Diketahui, bantuan ini bersumber dari dana APBN Kementrian Pertanian RI dan sarana produksi pertanian sumber dana APBD II Tahun Anggaran 2024.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengatakan bantuan ini merupakan upaya pemerintah dalam mengurangi biaya produksi yang digunakan petani penerima manfaat di Bangka Tengah.

“Pertanian merupakan sektor unggulan penggerak perekonomian Bangka Tengah, sehingga membutuhkan sarana pendukung yang memadai, untuk itu bantuan ini kita serahkan,” ujarnya.

Ia berharap, bantuan ini juga bisa mengendalikan inflasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan bantuan Alsintan dan sarana produksi yang diberikan dapat bermanfaat dalam usaha tani,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala DPKP Bangka Tengah, Dian Akbarini menyampaikan bantuan yang diberikan dari Kementrian Pertanian RI, yakni berupa 1 unit traktor roda 4 dan 5 unit traktor roda 2.

“Kemudian, dari APBD Bangka Tengah berupa bantuan pengembangan cabai merah dengan alokasi luasan seluas 2 Ha kepada 4 Gapoktan/Poktan dan bantuan pengembangan bawah merah dengan alokasi luasan luasan 5 Ha kepada 7 Gapoktan/Poktan penerima manfaat,” terangnya.

“Selain itu, juga diserahkan kapur pertanian sebanyak 30.000 kg, kompos 30.000 kg dan mulsa sebannyak 70 gulung,” sambungnya.

Sedangkan, untuk bantuan sumber dana dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit diberikan bantuan peremajaan kelapa sawit pekebun untuk Gapoktan Mandiri Jaya Desa Teru seluas 31,7685 Ha.

“Jumlah bantuan peramaajan ini Rp30.000 per Ha dengan total bantuan Rp953.055.000 juta, semoga bermanfaat,” pungkasnya. (SA)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version