Program Pendidikan Karakter, SMPN 1 Koba Kurbankan 1 Sapi Rayakan Idul Adha

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – SMP Negeri 1 Koba menggelar pemotongan hewan kurban sapi jenis Limosin dan perayaan idul adha 1445 Hijriah pada Rabu (19/6/2024) di Lapangan SMPN 1 Koba.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman merasa bersyukur, karena beberapa sekolah di Bangka Tengah bisa menggelar pemotongan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah.

“Alhamdulillah, pada momentum Idul Adha 1445 Hijriah ini, teman-teman di sekolah ikut melakukan pemotongan hewan kurban, seperti hari ini di SMPN 1 Simpang Katis dan SMPN 1 Koba,” ujar Algafry.

Dikatakan Algafry, ini menandakan antusias dan kebahagian teman-teman di sekolah merayakan hari raya Idul Adha.

“Luar biasa jiwa berbagi pada momen Idul Adha ini serta bisa dipetik hikmaknya, yakni kebesaran hati kita semua dalam berkurban, kita menyisihkan sebagian rezeki kita membeli hewan kurban, tentu ini bentuk pengorbanan, semoga ini menjadi ladang amal ibadah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Koba, Hana Meilani mengatakan kegiatan berkurban ini merupakan agenda rutin sebagai kegiatan pendidikan karakter perayaan idul adha kurban sapi.

“Sapi yang kita kurbankan jenis limosin, dengan berat sekitar 150 kg, yang mana ini merupakan program kegiatan pendidikan karakter untuk mendorong anak-anak belajar ikut melaksanakan Idul Adha dengan berkurban,” ujar Hana.

Selain itu, kata Hana kegiatan ini bertujuan agar siswa memahami prinsip dan makna atau filosofi dari berkurban.

“Meskipun, kalau dilihat dari syariatnya kurban 1 sapi untuk 1 sekolah, kurang sesuai, tetapi untuk contoh dan pendidikan karakter mengajarkan anak-anak berkurban, insyaAllah baik dan bermanfaat, jadi kami laksanakan,” terangnya.

Disampaikan Hana, ini merupakan kali kedua, SMPN 1 Koba menggelar kegiatan berkurban di sekolah.

“Semoga ke depan ada bantuan, misalnya dari Pemda, mudah-mudahan bermanfaat untuk semua,” tandasnya. (SA)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version