Pemkot Pangkalpinang Gelar Sosialisasi dan Deklarasi Kencana

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkalpinang, menggelar sosialisasi dan deklarasikan Gerakan Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) tahun 2024, di ruang pertemuan OR, Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Kamis (20/06/24).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Mie Go menjelaskan tujuan terbentuknya Kencana, untuk memberikan pelayanan dan meningkatkan kenyamanan masyarakat dalam beraktifitas supaya tidak khawatir apabila terjadi bencana.

“Dengan terbentuknya Kencana ini, merupakan upaya meningkatkan pelayanan Pemkot Pangkalpinang terhadap masyarakat, selain itu juga bertujuan untuk percepatan dalam penanggulangan bencana, sebab kecamatan ini merupakan garda terdepan dalam hirarki berpemerintahan,” ucap Mie Go.

Sekda Mie Go berharap dengan terbentuknya Kencana ini, dapat mempercepat dalam mengevakuasi dan penyelamatan apabila terjadi bencana, selain itu camat juga lebih mengetahui kondisi dan situasi di daerah mereka masing-masing.

“Apabila terjadi bencana, diharapkan Kencana dapat mengatasi bencana dengan cepat, selain cepat ini juga bisa lebih efisien untuk mengevakuasi dan tidak terlalu banyak memakan waktu,” imbuhnya.

Sementara, Kepala BPBD Kota Pangkalpinang, Dedi Revandi mengatakan Kencana merupakan suatu forum yang ada di wilayah Kecamatan yang akan diisi oleh Forum Koordinasi Kecamatan (forkopimcam).

“Mereka akan melakukan koordinasi terkait untuk penanganan bencana yang ada diwilayahnya masing-masing. Ini merupakan upaya kita untuk mempercepat koordinasi dan penanganan di wilayah,” ujar Dedi.

Dedi juga menjelaskan dengan terbentuknya Kencana, diharapkan kedepannya nanti masyarakat lebih mudah menjangkau informasi dan tidak harus ke BPBD sebab disetiap Kecamatan sudah ada perwakilan dari personil khusus. (Rls/Wln)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version