Pj Wali Kota Lusje Lepas Atlet Olahraga Tradisional Kontingen Provinsi Babel

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Penjabag (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan, melepas atlet Festival Olahraga Tradisional Kontingen Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), di Ruang Smart Room Center (SRC),Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa (09/07/24).

Pj Wali Kota Lusje mengatakan bahwa hari ini ia melepas atlet kontingen Provinsi Babel, ada 14 orang atlet yang akan berangkat ke Parigi Moutong, Sulawesi Tengah untuk mewakili Babel, khusunya Kota Pangkalpinang.

“Hari ini kita melepas atlet kontingen Provinsi Kepulauan Babel, untuk ikut dalam Festival Olahraga Tradisional di Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Ada sekitar 14 orang atlet, mudah-mudahan sehat sampai disana dan bisa melaksanakan tugasnya mewakili Babel khususnya Kota Pangkalpinang,” ucap Lusje.

Pj Wali Kota Lusje menyampaikan, mungkin banyak orang yang belum tau dengan permainan ini sehingga yang memainkannya orang-orang yang sudah lanjut usia.

“Semoga kedepannya permainan-permainan tradisional seperti ini, maupun tradisional lainnya juga harus diperkenalkan kepada masyarakat terutama generasi turunan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pangkalpinang, Manto mengatakan bahwa sebanyak 14 orang atlet dan 5 pendamping yang akan berangkat ke Parigi Moutong.

“Untuk Cabang Olahraga (Cabor) yang diikuti judulnya Beradu Ngidup Api Obor, artinya budaya orang Bangka di Kampung kalau sudah masuk 21 hari puasa ada lomba ngidup Api Selikor,” jelasnya.

“Jadi untuk pesertanya berasal dari kampung tersebut, intinya ada rasa kebersamaan dan saling menghargai di bulan puasa,” ucapnya.

Manto juga menjelaskan bahwa dalam permainan itu yang ditonjolkan adalah kekompakan dan kebersamaan. Ia optimis nantinya para atlet bisa menang dan membawa yang terbaik untuk Provinsi Kepulauan Babel khususnya Kota Pangkalpinang.

“Saya optimis targetnya bisa menang dan membawa yang terbaik untuk Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Babel,” ujarnya. (Wln)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version