Berita  

Pj Ketua TP PKK Babel Tinjau Progres Rutilahu Suku Sawang Desa Selingsing

BABELTERAKTUAL.COM, BELITUNG TIMUR – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal meninjau kembali lokasi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) bagi Suku Sawang di Desa Selingsing, Kabupaten Belitung Timur, pada Senin (15/07/24).

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Babel, Kabid Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman Dinas PU, Kabid Infrastruktur Bappeda, serta Sekretaris TP PKK Babel, peninjauan ini merupakan kunjungan kedua setelah dilakukannya peletakan batu pertama pada 31 Mei 2024 lalu.

“Pembangunan Rutilahu sendiri merupakan bagian dari rangkaian Rampak Gemintang (Gerakan Serempak Guna Eliminasi Kemiskinan dan Stunting Bangka Belitung) dimana TP PKK sebagai inisiatornya,” ujar Safriati.

“Sehingga tidak ada lagi Suku Sawang di Desa Selingsing yang tinggal di kawasan yang tidak layak huni,” tambahnya.

Lebih lanjut, Safriati mengatakan PKK selaku mitra pemerintah akan terus aktif melakukan sosialisasi dan mengedukasi agar masyarakat dapat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Melalui program PHBS kita berharap tumbuhnya kesadaran masyarakat untuk berperilaku dan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat, guna mencegah dan terhindar dari berbagai penyakit penular,” ujarnya.

Sementara, Kabid Cipta Karya Perumahan dan Pemukiman Dinas PU menuturkan bahwa
target tahun ini ialah sebanyak 40 unit, dan yang sudah berdiri berjumlah 28 unit.

“Harapan kita 30 November 2024 mendatang bisa rampung semua. Dan untuk tahun 2025 akan dilanjutkan untuk tahap 2, yakni bantuan rumah untuk 30 kepala keluarga. Sehingga total ada 70 kepala keluarga penerima,” terangnya.

Dirinya berharap kedepannya Program Rutilahu ini akan dilengkapi dengan pembangunan fasilitas umum berupa saluran drainase, sarana rumah ibadah dan utilitas umum lainnya. (Rls)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version