Berita  

Antisipasi Potensi Penyebaran Hoax, Kapolres Babar Ingatkan Orang Tua Awasi Anak Pengguna Gadget

BABELTERAKTUAL.COM, MUNTOK – Kapolres Bangka Barat, AKBP Catur Prasetyo mengingatkan para orang tua untuk teliti mengawasi anak-anak yang bermain gadget. Hal ini disampaikannya mengingat potensi penyalahgunaan penggunaan gadget, akibat konten negatif yang tidak terawasi. Salah satunya potensi penyebaran hoax melalui gadget.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Bangka Barat, sebagai salah satu topik dalam Jumat Curhat yang digelar di Makodim 0431/Bangka Barat, Jumat (3/2/23) pagi. Dalam kegiatan bertema “Wawasan Kebangsaa” tersebut, hadir puluhan pelajar dan guru dari beberapa sekolah setingkat SMA/SMK di Muntok.

“Pada era globalisasi sekarang kita dapat mengetahui setiap kejadian di seluruh dunia, hanya dalam hitungan detik. Namun itu memiliki nilai positif dan negatif, di mana konten atau informasi wajib diuji dan dinilai kebenarannya sebelum dishare ke pihak lain,” kata AKBP. Catur Prasetyo.

“Proses penyebaran hoax terkadang berawal dari kurang telitinya dalam menguji informasi, baik foto, video atau pesan berantai. Oleh karena itu pentingnya peran orang tua dalam mengawasi anak-anak dalam penggunaan gadget. Agar tidak menjadi bagian dari penyebaran hoax,” terang Kapolres lagi.

Ditambahkannya, perkembangan penggunaan media sosial sebagai garda terdepan dalam komunikasi model baru, tidak lagi hanya sekedar berperan sebagai kanal menyampaikan pesan dan menyerap informasi. Namun lebih jauh berperan dalam mempengaruhi persepsi dan perilaku publik, mempengaruhi pengambilan keputusan institusi, kelompok masyarakat dan turut andil dalam pengembangan kesadaran kolektif opini publik.

“Agar adik- adik bisa memilah dan memilih mana yang tidak baik untuk diri kita, diharapkan kesadaran para orang tua untuk selalu berperan aktif mengawasi anaknya,” ujar Kapolres.

Dalam kesempatan yang sama, Dandim 0431/Bangka Barat Letkol Inf. Deri Indrawan pada mengatakan pelajar harus memiliki jati diri dan harus yakin menjadi jati diri yang kokoh.

“Jati diri kita terbentuk dari tempat lingkungan, pergaulan kita. Bangun jati diri kita yakinkan untuk menjadi yang terbaik,” ujar Dandim

Dandim Bangka Barat juga menambahkan untuk para pelajar agar memahami bahwa faktor lingkungan sangat berpegaruh besar bagi para pelajar.

“Bagi adek-adek pelajar manfaatkan masa muda anda dengan berinovasi dalam bentuk kegiatan yang baik untuk masa depan,” pesan Letkol Inf. Deri Indrawan.(red)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version