Berita  

Pembongkar Sindikat Upal Skala Nasional Itu, Kini Jabat Kabag Ops Polres Bateng

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Nama Adi Putra tentunya sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat kota Pangkalpinang.

Polisi berpangkat AKP yang sudah tiga tahun menjabat sebagai Kepala Satuan Reserse Kriminal (Kasat Reskrim) Polresta Pangkalpinang itu, tentunya sudah sangat mendapat tempat dihati masyarakat Kota Pangkalpinang.

Selama menjabat sebagai Kasat Reskrim, sejumlah kasus kejahatan besar, berhasil diungkap oleh perwira Polisi balok tiga itu.

Beberapa kasus tersebut diantaranya, pengungkapan kasus pembunuhan di penginapan di Kacang Pedang, kasus pedofil terhadap anak jalanan ,sindikat uang palsu hingga kasus BBM ilegal serta kejahatan lainnya.

Selain itu, kasus besar lainnya seperti pencurian dengan pelaku para residivis dengan puluhan TKP yang sangat meresahkan masyarakat, banyak terungkap saat kepemimpinan AKP Adi Putra.

Kasus besar lainnya, yakni Adi Putra bersama Tim Buser Naga pernah mengungkap kasus sindikat peredaran uang palsu (upal) berskala nasional.

Dengan sejumlah kasus kejahatan besar yang diungkapnya, sosok AKP Adi Putra menjelma menjadi sosok yang ditakuti oleh para pelaku kejahatan atau premanisme, yang coba-coba menganggu kamtibmas Kota Pangkalpinang.

Semasa kepimpinannya, AKP Adi Putra membuka layanan call center unit reaksi cepat (URC), bagi masyarakat yang ingin melaporkan tindak pidana atau warga yang membutuhkan layanan kepolisian di Kota Pangkalpinang.

Melalui layanan URC tersebut, Adi Putra kerap mengulurkan tangannya membantu warga yang membutuhkan bantuan, seperti membantu ibu hamil yang butuh pertolongan saat tidak memiliki ongkos jalan .

Selain itu, keberadaan Tim Buser Naga yang telah dibentuk sejak dirinya menjadi Kasat Intel Polres Pangkalpinang, dianggap mampu menjaga stabilitas keamanan di Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung ini.

Sederet keberhasilan AKP Adi Putra ini, tak luput dari komentar berbagai tokoh masyarakat di Bumi Serumpun Sebalai.

Baru-baru ini, Mantan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menilai, AKP Adi Putra merupakan sosok polisi modern, cepat dan tanggap dalam melayani masyarakat.

“Saya menilai Pak Adi ini sosok yang cepat dan tanggap, terkhusus untuk Tim Buser Naga, semoga sukses saat bertugas di Bangka Tengah (Bateng) nanti Pak Adi,” kata Erzaldi.

Selain itu, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil juga berkomentar senada. Menurutnya, AKP Adi Putra sangat baik dalam bekerja melayani masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya.

“Orangnya baik, beliau selama bertugas di Pangkalpinang kami sangat mengapresiasi kerja-kerja Pak Adi Putra dalam menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif di kota beribu senyuman ini,”ujar Adi Putra.

Sementara itu, Ahmadi Sofyan seorang penulis buku dan pemerhati sosial budaya Bangka Belitung mengatakan, Adi Putra adalah sosok yang populer di Bangka Belitung dan Pangkalpinang.

“Sosok Polisi yang populer di Babel dan Pangkalpinang sosoknya memang humble memiliki jaringan persahabatan dari semua kalangan, setiap ada kasus selalu ada penyelesaian,” ungkap Ahmadi Sofyan.

Terpisah rektor Universitas Bangka Belitung Prof Dr Ibrahim mengenal Adi Putra sebagai personil Polri yang komunikatif dan memiliki pergaulan yang luas dengan semua kalangan.

“Ini menjadi bekal beliau ketika memegang sebuah amanah. Sebagai aparat, Polri tentu dituntut untuk tidak berjarak dengan masyarakat sehingga tugas-tugas utama menjaga keamanan bisa mendapatkan dukungan dari masyarakat secara luas,” ucap Prof Ibrahim.

Guru besar Ilmu Politik ini mengatakan, Adi Putra sangat menghayati perannya sebagai Polisi, sehingga berbagai gangguan bisa diatasinya dengan baik.

“Selamat untuk promosi Pak Adi, saya optimis beliau bisa melakukan hal yang sama di Kabupaten Bangka Tengah,” timpal Prof Ibrahim.

Senada, Dosen IAIN Syaikh Abdurahman Siddik (SAS) Dr Iqrom Faldiansyah mengenal Adi Putra sebagai orang yang baik, dermawan dan salah satu donatur rumah tahfiz Al Huda Gabek 1, Pangkalpinang.

“Meskipun tidak terlalu dekat ,tetapi kalau untuk membantu para penghafal Al-Qur’an, beliau sangat cepat responnya dan konkret dalam membantu dibidang keislaman, insyaallah beliau orang baik, dimanapun bertugas tetap menjadi baik,” tutup Iqrom.

Diketahui, AKP Adi Putra kini mengemban tugas baru setelah tiga tahun menjadi Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang. Adapun jabatan baru AKP Adi Putra, yakni sebagai Kabag Ops di Polres Bangka Tengah.

Pergantian jabatan AKP Adi Putra dari Kasat Reskrim Polresta Pangkalpinang menjadi Kabag Ops Polres Bangka Tengah, berdasarkan telegram Kapolri nomor ST/257/IV/KEP./2023 tanggal 4 April 2023. (RNC)

Anda Dilarang Men-copy Isi

Exit mobile version