Berita  

Datangi Laut Tuik, Timgab Imbau Penambang tak Bekerja di Luar IUP

BABELTERAKTUAL.COM, KELAPA — Tim gabungan (Timgab) Satpolair Polres Bangka Barat dan Direktorat Polairud Polda Babel mendatangi aktivitas tambang timah di Perairan Desa Tuik Kecamatan Kelapa Bangka Barat. Kedatangan Timgab pada Senin (6/3/23) siang tersebut guna melakukan monitoring aktivitas tambang inkonvensional (TI) yang beroperasi di sekitaran perairan Desa Tuik. Dalam kesempatan tersebut, para penambang juga mendapatkan himbauan agar bekerja hanya dalam wilayah Ijin Usaha Pertambangan (IUP) yang resmi.

“Kami mengimbau kepada penambang agar tidak melaksanakan penambangan di luar daerah yang telah ditetapkan oleh PT timah, yakni dalam wilayah IUP,” kata Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, melalui Kasat Polair Polres Bangka Barat Iptu. Sugiyanto kepada wartawan Senin siang.

Kasat Polair Polres Babar Iptu Sugiyanto selalu pimpinan Timgab juga menyampaikan, bahwa dalam monitoring masih ditemukan beberapa ponton TI atau PIP yang beraktivitas di luar IUP. Tak hanya itu, kawasan tempat operasi beberapa ponton TI tersebut masuk dalam wilayah tangkap nelayan

“Kita memberikan himbauan kepada para penambang Timah untuk segera memindahkan ponton tersebut ke lokasi yang telah ditentukan. Ini harus dilakukan, dikarenakan lokasi tersebut tanpa mereka ketahui sudah keluar dari wilayah IUP. Tak hanya itu, kawasan tersebut juga merupakan wilayah tangkap nelayan. Jadi dalam giat tadi kita langsung perintahkan untuk bergeser dan masuk kembali ke dalam wilayah IUP,” terang Iptu. Sugiyanto lagi.

Dalam giat monitoring dan himbauan Senin siang tadi, personil Satpolair Polres Bangka Barat pimpinan Iptu. Sugiyanto di-back up personil Kapal Patroli (KP) Gagak – 3011 Baharkam Polri, personil KP 2005 dan KP 2001 dari Dit Polairud Polda Bangka Belitung. Di perairan Tuik sendiri didapati sebanyak lebih kurang 20 ponton isap produksi yang bekerja.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi