Berita  

Maksimalkan Potensi Ketahanan Pangan Desa Batu Betumpang, Suganda: Akan Perjuangkan Terbangunnya Sarana Prasarana yang Baik

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Upaya memaksimalkan potensi ketahanan pangan di Desa Batu Betumpang, anggota DPRD Bangka Belitung (Babel) Dapil Kabupaten Bangka Selatan, Toni Mukti, serta beberapa warga Desa Batu Betumpang mengunjungi Pj Gubernur Babel, Suganda Pandapotan Pasaribu, di Rumah Dinas Gubernur, Selasa (12/09/23).

Pj Gubernur Suganda sendiri, sebelumnya sudah mendengarkan langsung keluhan dan masukan dari masyarakat, yang disampaikan melalui perangkat desa dan kecamatan, serta diperlihatkan dengan berbagai potensi yang dimiliki Desa Batu Betumpang dan Kecamatan Pulau Besar, untuk mewujudkan ketahanan pangan di Babel, diantaranya lahan persawahan yang luasnya mencapai hingga 2.000 Ha.

Suganda mengatakan, bahwa dirinya akan memperjuangkan terbangunnya sarana prasarana yang baik, seperti saluran irigasi yang memadai dan juga bendungan seperti yang diharapkan masyarakat, baik itu melalui penggunaan APBD 2024 maupun APBN.

“Nanti kita lihat yang bisa kita eksekusi di provinsi, kita pelajari sesuai dengan kemampuan kita,” tuturnya.

Terpisah, Toni Mukti menyampaikan terima kasih atas perhatian dan keseriusan Pj Gubernur Suganda dalam mewujudkan program-program yang diimpikan oleh masyarakat.

“Paling penting ini ada berapa titik termasuk pembangunan dua bendungan yang kami usulkan,” jelasnya.

Ia juga menceritakan tentang potensi lainnya di Basel seperti Wisata Mangrove Purba dengan luas ratusan hektare.

“Dan bentangannya itu lebih 15 kilometer, kalau tidak dilestarikan barang itu kami takut punah, maka dari itu ini harus dilestarikan. Kami minta tolong pak Pj Gubernur membuka jalan setapak seluas dua kilometer untuk mengamankan mangrove tersebut, supaya menjadi wisata etonik bakau purba yang umurnya 2 ratusan tahun,” paparnya. (Rls/Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi