Berita  

Suganda Harap Pekan QRIS Nasional Dapat Mendorong Terwujudnya Smart City di Bumi Serumpun Sebalai

banner 120x600

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Pejabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel) Suganda Pendapatan Pasaribu, berharap Pekan QRIS Nasional dapat mendorong terwujudnya smart city di Bumi Serumpun Sebalai.

Hal ini, disampaikan Suganda saat memberikan sambutan dalam pembukaan Pekan QRIS Nasional 2023, di Aula Tanjung Kelayang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Senin (14/08/23).

“Saya berharap Pekan QRIS Nasional dapat mendorong terwujudnya smart city di Bumi Serumpun Sebalai. QRIS ini menjadi salah satu yang akan mendorong terwujudnya smart city , mudah-mudahan apa yang sudah digagas oleh Bank Indonesia akan mendorong semua sektor yang ada termasuk sektor pariwisata dan sektor ekonomi lainnya yang ada di Bangka Belitung,” ucap Suganda.

Suganda menambahkan, Pemprov Babel menyambut baik antusiasme masyarakat dalam menggunakan QRIS. Menurutnya, melakukan pembangunan dengan pendekatan smart city dalam dunia yang semakin dinamis saat ini bukan lagi pilihan, melainkan sudah menjadi kebutuhan.

“Saya mewakili Pemprov Babel menyambut baik antusiasme masyarakat dalam menggunakan QRIS, Pemanfaatan teknologi digital ini sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan smart city. Pelaku usaha mikro yang mendominasi pertumbuhan signifikan penggunaan QRIS harus kita dorong sehingga dapat semakin terhubung dengan produk dan layanan keuangan untuk mewujudkan Bangka Belitung yang luar biasa dan modern,” ucapnya.

Menurut Suganda, pemanfaatan teknologi juga mendorong sektor lain untuk berkembang, diantaranya pariwisata. Sektor pariwisata yang terkait langsung dengan usaha mikro diharapkan menjadi penyumbang devisa sekaligus tulang punggung perekonomian nasional, termasuk bagi Babel.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekonomi sektor pariwisata yang tercermin dari penyediaan akomodasi dan makan minum pada triwulan I-2023 tercatat sebesar Rp. 701 Miliar atau hanya memberikan kontribusi sebesar 3,07 persen terhadap perekonomian Provinsi Babel.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi