Berita  

Bakuda Babel Resmikan Pelayanan Samsat Drive Thru

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) resmi meluncurkan pelayanan Samsat Drive Thru yang terletak di lingkungan Perkantoran Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bakuda Babel, M.Haris AR AP mengatakan Bakuda Babel dalam pemungutan pajak daerah terus mengembangkan berbagai inovasi dalam pemungutan pajak daerah.

Pelayanan samsat corner, samsat gerai, samsat keliling, samsat setempoh dan pelayanan di mall pelayanan publik kabupaten Bangka dan samsat drive thru merupakan wujud komitmen Bakuda Babel untuk terus meningkatkan inovasi pembayaran pajak.

Samsat Drive Thru memiliki luas bangunan 35 m² dan luas lahan 940,5 m² yang dibangun menggunakan anggaran APBD Perubahan Tahun 2023 dengan nilai lebih dari Rp 1,4 miliar.

“Selanjutnya perencanaan kedepan, kita akan laksanakan pembangunan landsekap dan pedestarian,” ujarnya.

Layanan samsat drive thru sebagai alternatif tempat pembayaran PKB tahunan untuk ASN dan masyarakat di seputaran perkantoran gubernur yang sudah dibuka sejak tanggal 2 januari 2024 yang lalu.

Dan bersama dengan pembina samsat daerah, kepolisian dan jasa raharja, telah merencanakan dan sepakat, pelayanan samsat drive thru ini akan ditingkatkan untuk pembayaran PKB 5 tahun, sekaligus juga pencetakan Plat Nopol kendaraan.

“Dengan begitu kita dapat melayani masyarakat wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran PKB tahunan, PKB 5 tahun dan memfasilitasi plat nopol kendaraan. Insya allah, ini akan direalisasikan dalam APBD perubahan Tahun Anggaran 2024,” ujarnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA mengatakan Bakuda Babel harus selalu mengembangkan inovasi-inovasi untuk meningkatkan penerimaan pajak derah khususnya dan pendapatan asli daerah pada umumnya.

“Saya sangat mengapresiasi launching inovasi yang dilakukan oleh Bakuda Babel hari ini yakni samsat drive thru. Besar harapan saya samsat drive thru sebagai inovasi alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor dapat melaksanakan layanan pembayaran PKB tahunan untuk masyarakat sekitar air itam dan ASN Penprov Babel agar kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor dapat terlaksana,” harapnya.

Pelayanan samsat drive thru dibuka pukul 08.00 – 16.00 WIB setiap hari Senin-Sabtu. Wajib Pajak cukup membawa KTP atau kartu identitas dan STNK Kendaraan saja.(El/Wa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi