Kepala Dinas Pendidikan Babel Bersyukur atas komitmen PT Timah Tbk Mendukung pendidikan

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG — Pendidikan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu, PT Timah Tbk sejak tahun 2000 silam melaksanakan program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk Pada SMAN 1 Pemali.

Program beasiswa pendidikan bagi masyarakat di wilayah operasional perusahaan ini merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk mendukung akses pendidikan bagi masyarakat di lingkar tambang.

Sebanyak 815 alumni telah diluluskan melalui program kelas Beasiswa PT Timah Tbk pada SMAN 1 Pemali. Program Beasiswa jenjang SMA dengan sistem boarding ini memberikan kesempatan bagi pelajar berprestasi namun kurang beruntung secara ekonomi.

Melalui program beasiswa pendidikan ini merupakan komitmen anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID untuk mendukung tercapainya tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4 yaitu pendidikan yang berkualitas untuk seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Untuk itulah PT Timah Tbk mencanangkan berbagai program Corporate Social Resopnsibility (CSR) yang berkelanjutan guna mendorong dunia pendidikan.

Selain memberikan beasiswa pendidikan jenjang SMA, pada Bulan Ramadhan lalu PT Timah Tbk juga menyerahkan 650 paket perlengkapan sekolah bagi anak yatim dan piatu di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Program lainnya yang dilakukan PT Timah Tbk untuk mendukung dua pendidikan seperti mendukung kegiatan yang dilaksanakan sekolah, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan di berbagai jenjang sekolah.

PT Timah Tbk juga memberikan beasiswa bagi para pelajar untuk mengenyam pendidikan di Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA).

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Komunikasi Publik, Arya Sinulingga pada 16 Desember 2022 lalu meninjau langsung asrama para penerima program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk di Pemali, Kabupaten Bangka.

Menurut Arya, konsistensi TINS dalam memberikan beasiswa pendidikan merupakan langkah awal untuk menyiapkan sumber daya manusia unggul yang berkualitas yang nantinya bisa mendukung pembangunan daerah.

Pendidikan kata dia menjadi salah satu langkah untuk mempercepat peningkatan kualiatas SDM sehingga nantinya bisa memberikan perubahan bagi keluarga, lingkungan dan daerah.

“Banyak orang berubah, keluarganya berubah, kalau pendidikannya bagus. Ini langkah teman-teman PT Timah membuat boarding school untuk putra putri terbaik di Provinsi Babel. Ini adalah langkah terbaik mencari SDM terbaik di setiap kabupaten,” kata Arya usai mengunjungi Asrama Pemali.

Arya menyebutkan, sudah puluhan tahun PT Timah Tbk menjalankan program ini. Sehingga Ia semakin yakin langkah yang dilakukan PT Timah Tbk bisa mempercepat peningkatkan kualitas SDM.

“Ini langkah simpel tapi sebuah percepatan untuk mengubah wajah SDM Babel. PR berikutnya ialah, SDM yang lulus dari sini, sekolah ke luar lalu kembali lagi ke Babel untuk membangun daerah. Bagi saya ini program ini langkah percepatan untuk membangun SDM Bangka Belitung yang lebih baik,” kata Arya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung Ervawi merasa bersyukur atas komitmen PT Timah Tbk dalam membantu Pemerintah untuk mendukung pendidikan di Babel.

“Sentuhan PT Timah Tbk untuk dunia pendidika itu luar biasa, program kelas beasiswa yang dulu semula hanya untuk yang berprestasi. Kini diperuntukkan bagi yang berprestasi tapi juga kurang mampu. Tentunya ini sangat baik untuk meningkatkan kualitas SDM kita,” ucap Ervawi, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, dengan program kelas beasiswa ini PT Timah Tbk juga telah membantu menjamin pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung secara ekonomi.

“Program ini sangat membantu karena orang tua tidak perlu lagi memikirkan biaya, PT Timah Tbk memberikan fasilitas bagi anak-anak yang berprestasi sehingga bisa mengembangkan kemampuannya,” ucapnya.

Ia berharap, sinergi dan kolaborasi PT Timah Tbk untuk memajukan dunia pendidikan dapat terus berlanjut. Sehingga semakin banyak yang merasakan manfaatnya.

Sementara itu, salah satu Alumni Program Kelas Beasiswa PT Timah Tbk, Andini mengatakan, selama ia menempuh pendidikan di SMA 1 Pemali dan berada di asrama menurutnya sangat membantu dirinya untuk meningkatkan kemampuan.

“Mereka selalu sigap apabila terjadi sesuatu. Awalnya juga saya pikir asrama hanya berisi orang-orang pintar ambisius yang setiap saat hanya belajar dan membaca buku. Namun ternyata kehidupan di asrama itu seimbang. Semua ada porsinya, saat untuk belajar dan saat untuk beristirahat,” paparnya.

Oleh karena itu, ia menilai komitmen PT Timah Tbk dalam membantu putra-putri sangat besar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.

“PT Timah Tbk sangat royal menyokong kebutuhan pendidikan siswa dan siswi asrama kelas beasiswa. Dibuktikan dengan lengkapnya sarana prasarana pendukung kegiatan di asrama, seperti buku-buku pembelajaran, suasana kamar untuk belajar yang nyaman, serta menyediakan fasilitas pendukung seperti laptop dan printer,” ceritanya. (**)

Sumber: Humas Pt Timah Tbk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi