Berita  

Pj Wali Kota Lushe: “Saya Ingin Pangkalpinang Bersih”

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG -Pejabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Lusje Anneka Tabalujan menyampaikan jika ia ingin Kota Pangkalpinang bersih.

Hal ini disampaikan Pj Wali Kota Lusje saat menghadiri kegiatan Gotong Royong oleh Forum Pembauran Kebangsaan Kota Pangkalpinang, di Jalan Zamrud RT 01, Kelurahan Pasir Putih Pangkalpinang, Jumat (24/11/23) pagi.

“Saya pinginnya Pangkalpinang ini bersih, jadi dilihat dulu tempat-tempat pembuangan sampah sementara yang tidak resmi kita bersihkan dulu. Baru langkah selanjutnya seperti apa supaya masyarakat tidak buang sampah disini, ternyata sudah ada beberapa langkah sebelumnya gagal terus makanya kita cari solusi,” ujarnya.

“Hasil diskusi bersama teman-teman kebersihan dan kelurahan, pertama kita jaga, kemudian nanti kita sebarkan di medsos nanti siapa yang buang sampah disini, mohon maaf mau tidak mau bagaimana kita mengedukasi masyarakat agar tidak buang sampah,” ungkap Pj Wali Kota Lusje.

Ia juga menyampaikan, bahwa akan ada penilaian bagi kelurahan-kelurahan yang bersih, penilaian ini dimulai dari tanggal 1 samapai 7 Desember dan akan diputuskan tanggal 10 Desember.

“Jadi saya minta kepada dinas pendidikan untuk menilai kelurahan mana yang bersih, kami akan menilai itu dari tanggal 1 sampai 7 Desember. Akan keliling teman-teman dari Dinas Kenersihan, akan dipantau dari inspektorat siapa yang bersih di tanggal 1 sampai 7 Desember kita nilai dan kita putuskan di tanggal 10 Desember,” imbuhnya.

Ia berharap masyarakat Kota Pangkalpinang untuk membuang sampah pada tempatnya. Namun pemerintah juga harus menyiapkan fasilitas-fasilitas pembuangan sampah.

“Saya harap masyarakat Kota Pangkalpinang buang la sampah pada tempatnya. Cuma memang pemerintah juga harus siapkan fasilitas-fasilitas pembuangan sampah. Kita akan carikan teknologi untuk mendaur ulang sampah, karena kalo TPA masih bisa nampung ngak, itu kan masalah juga,” tutup Pj Wali Kota Lusje.

Di kesempatan yang sama Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pangkalpinang, mengucapkan terimakasih kepada Pj Wali Kota Pangkalpinang yang sudah berkenan hadir ke lokasi untung melakukan gotong royong.

“Terimakasih hari ini ibu Pj wali kota Pangkalpinang sudah hadir ke lokasi langsung, hari ini kita berada di jembatan yang merupakan batas kelurahan Pasir Putih, Kelurahan Semabung Lama dan disini sampah lumayan banyak,” ujarnya.

“Sekali lagi terimakasih ibu Pj Wali Kota Lusje sudah mau hadir, dari forum Pembauran Kebangsaan Pangkalpinang, Camat, Lurah dan masyarakat sekitar untuk gotong royong bersama,” ucapnya.

Ia menambahkan kegiatan gotong royong ini sudah sekian kali dilakukan, ia berharap masyarakat mulai sekarang jangan buang lagi sampah sembarangan.

Ia menjelaskan bahwa di kelurahan masing-masing sudah ada mobil pink, di jalur utama juga ada mobil kuning, jadi manfaatkanlah dengan baik. Jika ada kendala terkait pengangkutan, tolong komunikasikan kepada Pak Lurah, supaya Pak Lurah dan kami DLH bisa membantu dan mencari solusi apakah diangkut pakai mpbil kuning atau pink, atau ada solusi yang lain.

“Kegiatan ini memang sudah sekian kalinya ini kita melakukan gotong royong, kita berharap masyarakat mulai sekarang jangan lagi buang sampah sembarangan, di kelurahan masing-masing kita sudah punya mobil pink manfaatkanlah dengan baik, kemudian di jalur utama kita punya mobil kuning manfaatkanlah mobil-mobil yang sudah ada, bilamana ada kendala terkait pengangkutan, tolong komunikasikan kepada pak lurah, supaya pak lurah dan kami DLH bisa membantu dan mencari solusi apakah diangkut pakai mobil kuning atau pink, atau ada solusi yang lain,” tutupnya. (Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi