Berita  

Buka Job Fair, Sekda Mie Go Himbau Perusahaan Beri Kesempatan bagi Pelamar Non Pengalaman

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Job fair kedua tahun 2023 di Kota Pangkalpinang resmi dibuka hari ini oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pangkalpinang Mie Go, di halaman Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Ketenagakerjaan Kota Pangkalpinang, Selasa (4/12/23) pagi, yang berlangsung selama 2 hari.

Saat membuka acara, Mie Go berpesan agar pihak perusahaan bisa juga mengakomodir para pelamar non pengalaman, untuk mendapatkan kesempatan kerja. Mekanismenya menurut Mie Gok dengan pola uji coba selama 3 bulan.

“Tadi saya sampaikan, saya kasih masukan ini persyaratan nya, coba jangan selalu mengutamakan yang berpengalaman tentu ketika mereka baru lulus sekolah, kuliah itu pasti mereka tidak punya pengalaman. Ada beberapa yang punya pengalaman tapi ada juga yang tidak punya pengalaman,” ucapnya.

“Saya minta kepada perusahaan coba yang tidak punya pengalaman direkrut, semacam masa percobaan selama tiga bulan, nah di situ dinilai, dilihat kalo selama tiga bulan sesuai dengan harapan persyaratan dari perusahaan untuk menunjang perusahaan tersebut, ini bisa untuk dilanjutkan, sistimnya seperti itu di uji coba, jangan cari yang berpengalaman terus, kasihan yang tidak punya pengalaman, itu harapan kami kepada perusahaan,” tutur Mie Go.

Mie Go juga mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkot Pangkalpinang untuk menciptakan lapangan kerja dengan memberikan kesempatan untuk berkarir melalui perusahaan-perusahaan yang terlibat. Kegiatan ini memberikan informasi lowongan kerja dan memfasilitasi perusahaan dengan pencari kerja.

“Pemerintah Kota Pangkalpinang hadir memberi kesempatan kerja kepada masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya, untuk menyiapkan lapangan kerja karna ini merupakan salah satu cara kita sebagai pemerintah, memberikan pelayanan membuka lapangan kerja kepada masyarakat nya, kemudian juga tentu ini akan ada imbasnya berkenaan dengan pengangguran kemudian kemiskinan sehingga dengan mereka bekerja tentu kemiskinan akan teratasi,” ungkapmya.

“Melalui kegiatan ini diharapkan tingkat pengangguran terbuka berkurang dan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Pemkot telah menyiapkan sarana yang memadai untuk kegiatan ini, kami meminta ke semua pihak dapat memanfaatkan peluang ini sehingga kegiatan berhasil sesuai tujuan,” tutup Mie Go.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Ketenagakerjaan Kota Pangkalpinang, Amrah Sakti mengatakan bursa kerja ini melibatkan 17 perusahaan dengan 47 jabatan dan sekitar 400 tenaga kerja yang dibutuhkan dari perusahaan dengan berbagai sector. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan penempatan tenaga kerja dan mengurangi pengangguran.

“Selain itu dapat menjadi sarana untuk mempermudah pencari kerja berkomunikasi dengan pihak-pihak yang membuka lapangan kerja,” harap Amrah. (Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi