Pj Gubernur Safrizal dan Forkopimda Tinjau Kesiapan PLN Jelang Pemilu 2024

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Pejabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan peninjauan langsung ke PLTU Air Anyir guna memastikan kesiapan pasokan listrik menjelang Pemilu 2024.

Pj Gubernur Safrizal zA mengatakan kunjungannya ke PLTU Air Anyir bersama unsur Forkopimda ini untuk memastikan bahwa suplai listrik di Babel selama Pemilu 2024 berlangsung nanti terjamin dan tidak ada gangguan sesuatu apapun sehingga nanti pelaksanaan Pemilu dapat berjalan lancar.

Saat ini pasokan listrik di Babel ada 180MW, dimana 50MW itu bersumber dari jalur Sumatera dan 130MW paaokan dari Bangka. Sepanjang sumber listtrik tetap normal, transmisi tidak terputus dan tidak ada gangguan cuaca, untuk kebutuhan masyarakat itu cukup karena beban puncak masyarakat juga di 180MW.

“Untuk kebutuhan kita cukup dan akan berjalan baik jika sumbernya normal, transmisi tidak teeputus dan tidak ada gangguan bencana,” katanya usai melakukan peninjauan langsung didampingi GM PLN Wilayah Babel, Mohammad Munief Budiman, di PLTU Air Anyir, Senin (12/02/24) sore.

Menurutnya ada beberapa daerah dipelosok Babel yang tidak terjangkau listrik, sehingga harus menggunakan listrik swakelola seperti genset atau diesel karena transmisi pasokan listrik belum sampai ke daerah – daerah terpencil itu.

“Memang ada beberapa daerah yang tidak terjangkau listrik karena transmisinya tidak sampai kesana, sehingga mereka harus menggunakan genset, diesel atau listrik swakelola. Namun untuk pulau besar seperti pulau lepar di Bangka selatan itu sudah terjangkau,” ujarnya.

General Manager PLN Wilayah Babel, Mohammad Munief Budiman mengatakan untuk Bangka Belitung di wilayah kepulauan sebagian besar sudah terjangkau listik semua.

“Tersisa yang belum itu di sekitar pulau belitung, ada pulau ketapang dan batun yang akan kita masukkan ke program listrik desa,” ujarnya.

Sedangkan untuk antisipasi, pihaknya sudah menyiapkan personil dengan peralatan dan material pengganti yang cukup dari pihak KPU tingkat provinsi, kabupaten kota lengkap dengan peralatan. Di PPK dan TPS juga siagakan personil disana serta peralatan backup yang kita siapkan ada genset dan GPS.

“Permasalahan kita hanya mengantisipasi gangguan alam saja. Namun tempat-tempat yang sudah kita backup itu kita pastikan akan aman. Tidak ada daerah atau kabupaten yang rentan bermasalah karena semua sudah interkoneksi, Bangka sudah inter koneksi Sumatera dan Belitung juga sudah dalam koneksi pembangkit yang memadai dan cukup,” ujarnya.(WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi