Berita  

Mahasiswa SPT Biologi UBB Sukses Buat Produk Lewat Ecoprint

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA – Jurusan Biologi Universitas Bangka Belitung (UBB) sukses melaksanakan program team based project kelas kolaboratif dan partisipatif untuk Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan (SPT) periode semester genap TA 2023/2024, Senin (25/3/2024).

Diketahui, program tersebut mencangkup kegiatan inventarisasi dan identifikasi morfologi daun pada tumbuhan.

Dosen pengampu, Rinny Saputri mengatakan program kelas kolaboratif dan partisipatif ini didanai oleh Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan (LPMPP) UBB.

“Tujuannya untuk menciptakan kondisi belajar yang kolaboratif dan partisipatif, yang mana mahasiswa sebagai pusat pembelajaran dapat turun langsung melakukan praktik, kemudian menganalisis dan mengintegrasikan pengetahuan dasar yang telah mereka dapatkan selama proses belajar di dalam dan di luar kelas,” ujar Rinny.

Dikatakan Rinny, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semester 2 jurusan Biologi TA 2024, dengan 4 kegiatan yakni, pengamatan inventarisasi jenis tumbuhan yang akan digunakan sebagai motif ecoprint, identifikasi morfologi organ daun dan bunga yang digunakan sebagai motif ecoprint, dan kegiatan pewarnaan ecoprint pada T-Shirt, Totte bag, dan kerudung.

“Dalam setiap rangkaian kegiatan tersebut mahasiswa juga melakukan pembuatan video pembelajaran yang nantinya akan diunggah di media sosial, seperti youtube,” terangnya.

“Sehingga nantinya, output dari serangkaian kegiatan kelas team based project Mata Kuliah Struktur dan Perkembangan Tumbuhan ini adalah mahasiswa akan menghasilkan produk ecoprint berupa T-Shirt, Totte bag, dan kerudung,” tambahnya.

“Laran lain dari kelas team based project MK Ekologi Kepulauan ini adalah mahasiaswa akan mempublikasikan video pembelajaran proses pewarnaan ecoprintnya pada media sosial seperti youtube,” imbuhnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi