Ini Beberapa Catatan yang Disampaikan Ketua DPRD Babel dalam Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Gubernur Tahun 2023

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Babel Tahun Anggaran 2023 di ruang Rapat Paripurna DPRD Babel, Selasa (30/04/24).

Ketua DPRD Provinsi Babel Herman Suhadi di mengatakan dalam Paripurna DPRD Babel akan menyampaikan rekomendasi berupa catatan-catatan kecil berupa saran dan masukan urusan desentralisasi tugas umum perbantuan dan tugas pemerintahan.

“Setelah melalui pembahasan komisi-komisi DPRD Babel telah memeriksa dan mengaji LKPJ Gubernur Tahun Anggaran 2023, sebagai bahan evaluasi anggaran dan rujukam pembangunan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Beberapa catatan diantaranya agar program kegiatan lebih fokus dianggarkan di APBD induk sehingga pelaksanaan kegiatan tidak terkesan terburu-buru. Dan silahkan tindaklanjuti rekomendasi ini sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita harap rekomendasi ini bisa ditindaklanjuti sebagaimana mestinya demi pemerintahan kedepan yang semakin baik,” ujarnya.

Sementara, Pj Gubernur Babel Safrizal ZA mengatakan LKPJ Kepala daerah disusun berdasarkan amanah dan perintah Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah dan diberi pedoman penyusunannya melalui peraturan lainnya tentang laporan evaluasi dan juknisnya.

“Manfaat dan fungsi LKPJ tiap tahun untuk melaporkan perkembangan penyelenggaraan pembangunan setiap tahun, dan sebagai alat koreksi terhadap pekerjaan satu tahun agar dapat di evaluasi untuk memperbaiki yang sudah berjalan dan untuk mengawal perencanaan pembangunan setiap tahun yang disusun bersama antar Pemda dan DPRD,” ujarnya.

Selain itu, LKPJ juga untuk memastikan bahwa pemda dan DPRD berjalan dikoridor yang sama meski setiap tahun ada hambatan dan rintangan yang mempengaruhi hasil pelaksanaan pekerjaan dalam satu tahun.

Pada kesempatan ini Pj Gubernur Safrizal ZA jiga mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya pihak yang berpartisipasi berkontribusi memberi bantuan terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di Bangka Belitung.

“Terimakasih atas catatan-catatan dan rekomendasi yang berisi saran dan masukan terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Catatan ini akan kita manfaatkan untuk menyusun rencana pembangunan berikutnya agar disepakati bersama dan menjadi bahan baku yang baik di masa yang akan datang. LKPJ ini akan sangat penting bagi kami meningkatkan kinerja,” tutup Safrizal. (Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi