Sosialisasikan Program Gerakan Aktifkan Posyandu, Lusje Harap Peran Penting Seluruh Stakeholder

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG— Pejabat (Pj) Walikota Pangkalpinang Lusje Anneke Tabalujan, menghadiri sekaligus menjadi narasumber kegiatan sosialisasi program gerakan aktifkan posyandu, yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Selasa (16/6/2024).

Dinas Kesehatan bersama Pemerintah Kota Pangkalpinang mengajak seluruh masyarakat untuk ke Posyandu guna memeriksa kesehatan dan menerima pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Ini harus bergerak dari camat dan lurah sebab ini menjadi sektor pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, oleh karena itu diharapkan peran penting dari seluruh stakeholder untuk berperan dan mengajak seluruh masyarakat untuk ke Posyandu tiap bulan,” imbuhnya.

Pj Wali Kota Lusje menyampaikan selain untuk balita, Posyandu ini juga difasilitaskan untuk masyarakat dengan usia lanjut, remaja, dan ibu menyusui maupun ibu yang sedang nifas.

“Kita tahu ditengah kemajuan teknologi, mari kita gunakan fasilitas ini untuk mengecek kesehatan dan ayo kita ajak tetangga, saudara, maupun masyarakat disekitar kita,” ajaknya .

“Di Posyandu juga mendapatkan pil penambah darah, bisa cek kolesterol, di Posyandu juga ada mini lab untuk mendeteksi penyakit. Untuk itu kami ucapkan terimakasih kepada Dinas Kesehatan dan TPKK,” bebernya.

Tujuan akhir diadakan kegiatan hari ini diharapkan masyarakat Kota Pangkalpinang dapat menggunakan dan menikmati fasilitas kesehatan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Pangkalpinang dan masyarakat Kota Pangkalpinang diharapkan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan maksimal.

Dilain kesempatan Dr. Tri Wahyuni yang menghadiri kegiatan tersebut mewakili Kepala Dinas Kesehatan mengatakan program “ayo aktif ke Posyandu” ia menyebutkan ini memang program lama yang sudah ada.

“Sebetulnya ini memang program yang sudah ada dan yang kita ketahui sudah berjalan. Cuman dengan Sesuai peraturan yang baru semua harus terintegrasi semua di Posyandu untuk melayani semua umur dan menjadi satu,” ujarnya.

Dengan total 117 Posyandu yang ada di Kota Pangkalpinang diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal.

“Meski belum semua Posyandunya berjalan karena ada kendala sapras dan tempat yang belum memadai kami akan mengusahakan akhir 2024 ini 117 posyandu dapat memberikan pelayanannya,” jelasnya.

Dengan tema “Ayo ke Posyandu Tiap Bulan” Dinas Kesehatan berusaha menghilangkan stigma agar masyarakat tidak berhenti ketika selesai imunisasi di umur 9 bulan, dan diharapkan masyarakat pergi ke Posyandu untuk berkunjung dan peduli terhadap perkembangan anak. (Rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi