Berita  

Tim Gabungan Satpolairud Polres Babar Evakuasi Korban Laka Laut Kapal di Perairan Karang Amelia

Babelteraktual.Com, MUNTOK – Tim gabungan Satpolairud Polres Bangka Barat melakukan evakuasi korban laka laut, antara kapal MV Serasih 1 dan Kapal MV Batanghari Mas yang terjadi di perairan Karang Amelia, Selat Bangka, Kamis (01/12/22), pukul 13.50 WIB.

Diketahui, kapal MV Serasih 1 yang bermuatan Kendaraan, dengan rute Patimban-Belawan, ditabrak oleh Kapal MV Batanghari Mas yang bermuatan Container dengan rute Palembang-Jakarta.

Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, melalui Kasat Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto SH, menjelaskan bahwa Kejadian laka laut tersebut terjadi pada Kamis (01/12/22), sekira pukul 01.09 WIB.

“Menurut informasi yang kami terima, kapal MV Serasih 1, di tabrak oleh kapal MV Batanghari Mas, yang bermuatan Container dari rute palembang menuju Jakarta. Setelah menabrak kapal MV Serasih 1, kapal MV Batanghari Mas langsung meninggalkan Kapal MV Serasi 1 dan meninggalkan lokasi laka laut. Sementara, kapal MV Serasi 1 mengalami kebocoran di lambung kiri dan air laut mulai masuk ke kapal,” papar Iptu Sugiyanto.

“Selanjutnya, pada pukul 01.28 WIB, Capt. Kapal MV Serasih 1 kembali menginformasikan bahwa kapal sudah posisi “nungging” serta crew sudah akan menyelamatkan diri dengan menggunakan Lifecraft. Kemudian Capt kapal melapor ke kantor pusat MV Serasih 1, lalu kantor pusat MV Serasih 1 melaporkan kejadian tersebut ke Basarnas Pangkalpinang dan Tim Gabungan,” tambah Iptu Sugiyanto.

Lebih lanjut, Iptu Sugiyanto menjelaskan, sekira pukul 03.23 WIB, Korban Kapal MV Serasih 1, dievakuasi oleh Kapal MV Lotus Ungu, dengan jumlah POB (Person On Board) yang berhasil diselamatakan dari KMV. Serasih 1, yakni sebanyak 17 orang.

“Untuk saat ini kami dan tim gabungan Membawa 15 orang Crew Kapal MV Serasih 1 ke KSOP Muntok dan 5 Crew ke Puskesmas Muntok guna pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sedangkan Sekoci Kapal MV Serasih 1, di sandarkan di kapal patroli Sat Polairud Polres Bangka Barat ” tutup Kasat Polair.

Adapun tim yang melakukan proses evakuasi terhadap Kapal MV Serasih 1, antara lain Sat Polairud Polres Bangka Barat, Tim Gabungan Personil KP 2005 Dit Polairud Polda Kepulauan Babel, KP GAGAK Dit Polairud Korps Polairud Baharkam Mabes Polri, TNI AL Muntok, Puskesmas Muntok, Basarnas Kansar Pangkalpinang, KSOP Muntok, KKP Muntok dan BPBD Kab Bangka Barat. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi