Berita  

Pemkot Pangkalpinang Launching Aplikasi Srikandi

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Di era 4.0 ini, segala lini dituntut untuk menerapkan sistem kerja yang cepat, mudah dan efisien.

Guna mempermudah proses pengarsipan, Pemerintah Kota Pangkalpinang melaunching Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), di Ruang OR Kantor Wali Kota Pangkalpinang, Rabu, (05/04/23).

“Terimakasih kepada Badan Arsip Nasional dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung. Akhirnya Pemerintah Kota Pangkalpinang bisa melaunching aplikasi Srikandi, yang telah lama dinanti-nantikan ini,” ucap Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Molen meminta dukungan OPD terkait di lingkungan Pemkot Pangkalpinang, untuk saling berkolaborasi dalam menerapkan penggunaan Aplikasi Srikandi.

“Ada beberapa keuntungan jika menggunakan aplikasi Srikandi ini. Yang pasti tidak akan menghambat kinerja, karena bisa digunakan dimana pun berada. Data bisa terarsip dengan baik. Jadi, tidak perlu lagi melakukan arsip di OPD masing-masing, karena sudah langsung terintegrasi dengan baik,” terang Molen.

Selain itu, Molen mengingatkan kepada instansi terkait untuk memberikan support jaringan yang baik, supaya penggunaan Aplikasi Srikandi dapat berjalan lancar.

“Semoga dengan kehadiran Aplikasi Srikandi ini menjadi kebaikan awal dalam menciptakan good government di bidang aplikasi,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty menyebut bahwa Aplikasi Srikandi harus diterapkan di semua Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah sesuai amanat Peraturan Presiden.

Hal ini bertujuan, lanjut Eti, guna mendukung terwujudnya pelayanan administrasi pemerintahan di bidang kearsipan dinamis yang berkualitas dan terpercaya di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

“Kami sudah berkoordinasi dengan seluruh perangkat daerah untuk mengajukan sertifikasi dan tanda tangan elektronik ke BSSN melalui Diskominfo Pangkalpinang serta permintaan data seluruh ASN ke BKPSDMD Pangkalpinang,” terang Ety.

“Dengan dilaunchingnya Aplikasi Srikandi ini, Pemerintah Kota Pangkalpinang mendukung terwujudnya keseragaman dan keterpaduan pengelolaan kearsipan dinamis berbasis elektronik,” timpalnya.

Penerapan Aplikasi Srikandi, kata Eti, merupakan bukti bahwa Pemerintah Kota Pangkalpinang turut mendukung terwujudnya tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel, melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (***)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi