Bawaslu Bangka Tengah Minta 18 Anggota Panwascam Pahami 3 Hal Penting Ini!

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng), Marhaendra Yuliansyah secara resmi telah melantik 18 Anggota Panwaslu Kecamatan terpilih untuk Pilkada Serentak Tahun 2024.

Diketahui, 18 Anggota Panwaslu Kecamatan yang telah dilantik ini terbagi dalam 6 Kecamatan, untuk setiap Kecamatan akan dipimpin oleh masing-masing 3 Anggota Panwaslu Kecamatan sesuai dengan hasil seleksi yang telah dilewati.

Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Novrian Saputra menerangkan ada 3 poin penting yang harus dipahami oleh Anggota Panwaslu Kecamatan dalam menjalankan tugas mengawasi tahapan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Pertama pahami regulasi karena regulasi Pemilu dan Pilkada itu berbeda. Undang-Undang, Perbawaslu dan PKPU juga berbeda,” terangnya, Minggu (26/5/2024).

Novrian menambahkan hal berikutnya yang harus dipahami oleh Anggota Panwaslu Kecamatan adalah memahami tugas dan memahami daerah yang dipimpin.

“Pahami betul tugas seorang Panwaslu Kecamatan dan percayakan urusan administrasi kepada kesekretariatan, yang paling penting, pahami daerah masing-masing, karena Kecamatan di Bateng memiliki daerah perbatasan dengan wilayah Kabupaten Bangka Selatan, Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka,” terangnya.

Ketua Bawaslu Bateng, Marhaendra Yuliansyah menyampaikan bahwa Anggota Panwaslu Kecamatan yang dilantik adalah peserta existing yang dinyatakan memenuhi syarat setelah dilakukan evaluasi dan peserta baru yang terpilih setelah mengikuti seleksi.

“Setelah dilakukan evaluasi terhadap peserta existing, ditetapkan 14 orang yang memenuhi syarat dan dilakukan perekrutan ulang untuk memilih 4 orang melalui tes administrasi, tes CAT dan tes wawancara yang dilaksanakan secara ketat,” pungkasnya.

Tepisah, Asisten III Bupati Bateng, Ali Imron berharap Panwaslu Kecamatan dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Pemerintah Bateng dalam mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Panwaslu Kecamatan dan jajaran KPU adalah mitra kami. Sinergisitas harus terus terjalin baik dengan pihak Pemerintah kami di Kecamatan dan pihak keamanan yang ada di Kecamatan demi kelancaran pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Bateng,” pungkasnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi