Sepakat !! Bumdesma Air Gegas Expor 300 Kg Lada Putih

BabelTeraktual.com, Toboali – Badan Usaha Milik Desa Bersama (Bumdesma) Desa Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan (Basel) lakukan upaya dan langkah strategis terus untuk mengembalikan kejayaan Lada White Paper Basel sebagai komoditi unggulan di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Salah satu terobosannya, yaitu menggandeng salah satu perusahaan pemasok bahan baku masakan dan restauran di Prancis.

Langkah tersebut, mendapat apresiasi langsung dari Bupati Basel Riza Herdavid terkait langkah dan terobosan yang digagas Bumdesma Desa Air Gegas itu.

“Kami mengapresiasi langkah dan terobosan yang dilakukan rekan rekan pengurus Bumdesma ini. Sebagai unit usaha yang core dan konsisten bisnisnya adalah komoditas lada,”ujar Riza.

Pemkab Basel, lanjut Riza, melalui dinas terkait akan terus mensuport Bumdesma Mitra Lada Bersatu dan Bumdes/Bumdesma yang lain.

“Kami juga melihat Bumdesma Mitra Lada Bersatu ini, merupakan salah satu Bumdes/Bumdesma yang cukup inovatif di Basel. Oleh sebab itu, berbagai pihak termasuk pemerintah pusat juga pernah memberikan dukungan berupa pelatihan pengembangan kapasitas usaha,” papar Riza.

Sementara itu, Alfeddy pengurus Bumdesma Air Gegas mengungkapkan, pada tahap pertama akan mengekspor sebanyak 300 Kg Lada Putih dalam bantuk vacum pressed.

“Berdasarkan kesepakatan dengan salah satu buyer perusahaan dari Prancis Le Roy Poivre. Kami akan mulai mengexpor lada putih Bangka tahun ini. Rencananya, Expor perdana kami akan mengirimkan 300 kg dalam bentuk vacum pressed,” terangnya.

Alfeddy juga menyebut, harga beli ladapun jauh diharga saat ini, sehingga kami bisa membeli lada putih dengan harga lebih tinggi dari petani Mitra kami, tentunya dengan standar harga eropa Codex, ISO dan SNI.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan pihak buyer yang langsung datang ke Desa Air Gegas pada tanggal 25-26 Mei kemarin,” Pungkasnya.(Guntur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi