Jaga Alam, Pantai Terentang Ditanami 1500 Bibit Mangrove Rhizophora

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa Cerucuk menggelar aksi penanaman mangrove dan aksi bersih pantai bersama berbagai unsur masyarakat di Pantai Terentang, Kabupaten Bangka Tengah pada Kamis (20/6/2024).

Diketahui, ada 1.500 bibit mangrove jenis Rhizophora yang ditanam di Pantai Terentang, Bangka Tengah.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa Cerucuk Provinsi Babel, Muchtar Effendi mengatakan pihaknya sangat mendukung aksi penanaman pohon.

“Ini adalah aksi nyata kita, bahwa kita tidak hanya sekedar menanam, tapi juga melakukan perawatan bersama masyarakat,” ujarnya.

“Kedepan, yang sudah kita tanam akan senantiasa kita monitoring, mudah-mudahan selama setahun ini bisa tumbuh dengan baik, sehingga bisa memberikan edukasi kepada wisatawan yang berkunjung ke Pantai Terentang,” smabungnya.

Ia mengatakan, kegiatan ini juga dilakukan untuk menjaga ekosistem lingkungan.

“Apa yang kita lakukan adalah upaya menjaga alam, memang kemungkinan 100 persen tumbuh, bisa terjadi dan tidak, karena dipengaruhi bermacam faktor, setidaknya diharapkan 75 persen bisa tumbuh,” terangnya.

“Kita berharap kegiatan ini tidak berhenti hanya penanaman saja, tapi harus ada pemeliharaan juga, sehingga perlu kerja sama yang baik antara masyarakat, pemerintah desa maupun karang taruna untuk menjaga pelestarian mangrove,” imbuhnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi