Pekan Imunisasi Nasional Polio di Bangka Tengah Dimulai

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, bersama Ketua TP-PKK sekaligus Bunda PAUD Kabupaten Bangka Tengah, Eva Algafry, ikut berpartisipasi dalam menyukseskan Kick Off PIN (Pekan Imunisasi Nasional) Polio, di TK Pembina Desa Lubuk Besar, Selasa (23/7/2024).

Sebanyak 175 anak dari tiga lembaga antara lain para siswa dari TK Lubuk Lestari, TK Anggrek, serta TK Pembina yang ketiganya berada di Kecamatan Lubuk Besar ini bersama-sama berpartisipasi pada giat PIN Polio ini.

Pemberian imunisasi polio dosis I yang digelar dari tanggal 23 – 29 Juli 2024 serta Dosis II pada tanggal 06 – 12 Agustus 2024 ini dikhususkan pada anak usia 0 – 7 tahun yang bisa juga didapatkan di Posyandu, Puskesmas atau Pos Pelayanan terdekat.

Bupati Algafry yang turut secara langsung memberikan dua tetes vaksin kepada anak-anak ini mengharapkan imunisasi polio bisa didapatkan oleh semua anak di Bangka Tengah.

“Alhamdulillah, Bangka Tengah telah melaksanakan kick off PIN Polio tahap pertama. Tadi anak-anak sudah kita berikan dua tetes imunisasi polio yang dilaksanakan juga secara serentak di Bangka Tengah di seluruh Pos PIN, sekolah, dan PAUD anak usia 0 – 7 tahun. Kami harap hari ini tidak ada yang luput dari imunisasi Polio,” terang Algafry.

Sementara itu, Bunda PAUD Bangka Tengah, Eva juga mengharapkan kesuksesan dari kegiatan ini dan meminta dukungan dari para orang tua.

“Kita mohon dukungan dari para orang tua untuk dapat segera mendaftarkan anak-anaknya atau dapat datang langsung ke Pos PIN terdekat,” ujarnya.

Dikatakan Eva, semua unsur dilibatkan, mulai dari Kepala OPD di lingkungan Pemkab Bangka Tengah juga dari Dinas Kesehatan Provinsi Babel.

Kita optimis kegiatan ini mudah-mudahan bisa berjalan dengan sukses, dan angka capaian yang diharapkan realisasinya bisa mencapai 100%, sehingga kita bisa memastikan anak-anak yang masuk ke dalam usia sasaran bisa mendapatkan hak mereka yaitu berupa vaksin polio,” ungkap Eva.

Dirinya juga tak lupa menyampaikan harapannya terkait momen yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional.

“Hari ini juga bertepatan dengan Hari Anak Nasional, semoga anak-anak yang ada di seluruh Indonesia terutama Bangka Tengah dan Bangka Belitung bisa mendapatkan hak-haknya sebagai anak dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi masing-masing,” sebut Eva.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan tanggung jawab bersama dan kerja keras dari para tenaga kesehatan sangat dibutuhkan.

“Sudah sepatutnya memberikan dukungan kepada para tenaga kesehatan kita,” harapnya.

Asih (29) warga desa Lubuk Besar mengaku bersyukur atas diadakannya kegiatan PIN Polio ini.

Bersyukur anak-anak kami bisa divaksin, supaya bisa terhindar dari segala penyakit juga. Alhamdulillah, selama ini juga anak saya selalu diimunisasi lengkap di Posyandu. Terima kasih juga Pemkab Bangka Tengah sudah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga kami bisa terhindar dari segala kekhawatiran akan berbagai macam penyakit yang bisa mempengaruhi pertumbuhan anak-anak kami,” imbuhnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi