Persatuan Wartawan Indonesia Bangka Barat Berikan Pelatihan Dasar-dasar Jurnalistik

BABELTERAKTUAL.COM, Bangka Barat — Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Bangka Barat memberikan dasar-dasar jurnalistik kepada SMKN 1 Parittiga, Desa Sekar Biru, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu disampaikan langsung oleh Husni Ketua PWI Bangka Barat, untuk kepada siswa-siswi agar lebih paham tentang apa itu wartawan.

“Wartawan dengan keseharian sebagai kontrol sosial, apalagi sekarang siapa saja bisa jadi wartawan melalui media online,” kata Husni, Rabu (28/2/2024).

Namun harus dipahami juga untuk seorang wartawan yang terdaftar di Organisasi harus terlebih dahulu mengikuti seleksi Uji Kompetensi Wartawan yang setiap tahunnya digelar oleh PWI Bangka Belitung agar terdaftar di Dewan Pers sebuah induk wartawan.

“Sehingga bisa terdaftar, siswa-siswi juga bisa membuka wartawan terdaftar atau tidak di website Dewan Pers,” ucap Husni, saat menyampaikan dasar-dasar jurnalistik.

Husni mengatakan sejauh ini mungkin siswa-siswi sudah paham cara penulisan apalagi SMKN 1 Parittiga sudah memiliki website sendiri.

“Tentunya disetiap kegiatan sekolah sudah bisa merilis, namun harus memahami cara mewawancarai suatu narasumber,” ujar Husni.

Husni mengatakan bahwa seorang wartawan berhak berpegang teguh pada undang-undang pers nomor 40 tahun 1999.

“Jika siswa-siswi nanti hendak menjadi wartawan untuk lebih memahami undang-undang serta mengikuti seleksi pelatihan jurnalistik,” tutur Husni.

“Untuk lebih mengedepankan kualitas kaedah jurnalistik kedepannya,” imbuh Husni.

Untuk itu Wiji Astuti, S.T Waka sekolah bidang Humas SMKN 1 Parittiga mengungkapkan bahwa kehadiran PWI Bangka Barat sangat memberikan nilai-nilai positif untuk siswa lebih memahami tentang dasar jurnalistik.

“Apalagi saat ini kita juga memiliki website dan dibantu siswa-siswi bidang jurnalistik, terimakasih kami ucapkan kepada PWI Bangka Barat, semoga ilmu yang disampaikan bisa bermanfaat bagi kami dan siswa-siswi kami,” ujar Wiji Astuti, S.T

Sementara itu Samsul Hidayat alumni SMKN 1 Parittiga yang saat ini mengembang mandat sebagai Anggota PWI Bangka Barat mengatakan untuk siswa-siswi kelas X dan XI terus meningkat pengetahuan menulis.

“Penulis yang benar yang memenuhi 5W 1H disertai berpedoman pada undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999,” tegas Samsul Hidayat usai memperkenalkan dirinya.

Diakhir penutupan Husni menambahkan bahwa siswa-siswi disini lah yang nanti menjadi penerus bangsa.

“Kita jangan percaya dengan berita Hoax, semoga ilmu yang kami berikan bermanfaat,” tutup Husni.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi