Antisipasi Lonjakan Harga Jelang Nataru, Polres Basel dan Forkopimda Sidak Pasar

BABELTERAKTUAL.COM, Bangka Selatan – Polres Bangka Selatan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan inpeksi mendadak (Sidak) di Pasar Terminal Toboali, Rabu (20/12/2023) pagi.

Sidak ini dilakukannya, guna mengantisipasi lonjakan harga dan pengecekan stabilitas stok bahan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan Pemilu 2024.

“Kegiatan pengecekan pasar merupakan Program Polres Basel dalam rangka mencegah terjadinya kelangkaan dan memantau harga bahan pokok menjelang akhir Tahun 2023 dan Pemilu Tahun 2024 khusunya di wilayah hukum Polres Bangka Selatan,” kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Toni Sarjaka.

Toni menjelaskan, dalam pelaksanaan pengecekan pasar tersebut para pedagang menjelaskan terdapat beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan dan kenaikan harga.

Beberapa bahan pokok yang mengalami penurunan dan kenaikan harga tersebut, seperti cabe besar mengalami kenaikan harga yang mana sebelumnya harga Rp. 60.000 / 1 kg menjadi Rp. 70.000 / 1 kg, daging sapi mengalami penurunan harga yang mana sebelumnya harga Rp. 150.000 / 1 kg menjadi Rp. 140.000 / 1 kg, ayam mengalami kenaikan harga yang mana sebelumnya harga Rp. 28.000 / 1 kg menjadi Rp. 30.000 / 1 kg.

Meski beberapa bahan pokok mengalami kenaikan dan penurunan di pasar tersebut, namun harga dan stok bahan pokok masih dalam katagori stabil.

“Sampai dengan saat ini untuk harga bahan pokok di Pasar Terminal Toboali masih dalam katagori stabil belum ada yang mengalami kelangkaan dan kenaikan harga secara signifikan,” jelasnya.

Toni berharap, pengecekan pasar dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan serta melibatkan unsur terkait, guna meningkatkan sinergitas antar instansi pemerintahan dalam menjaga stabilitas harga dan mengantisipasi kelangkaan bahan pokok khususnya di wilayah hukum Polres Bangka Selatan.

Kegiatan sidak dan pengecekan pasar ini turut hadir, Kapolres Basel, AKBP Toni Sarjaka, Plh Sekda Kabupaten Basel, Hefi Nuranda, Kasdim 0432 Basel, Mayor Arm Frangki, Sejumlah PJU Polres Basel, dan pejabat pemda lainnya.(**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi