Pemkab Basel Kembali Torehkan Prestasi Pengelolaan Keuangan Daerah Terbaik

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) di bawah kepemimpinan Riza-Debby kembali menorehkan prestasi, kali ini Pemkab Basel menjadi kabupaten/kota dengan pengelolaan keuangan terbaik tahun 2022 di Bangka Belitung (Babel).

Dengan catatkan Skor 82,4 Poin, indeks pengelolaan keuangan daerah pemkab basel menjadi tiga tertinggi secara nasional

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengucapkan rasa syukur, karena mengakhiri kenerja tahun 2023, Pemkab Basel mendapatakan apresiasi dari Kemendagri.

“Alhamdulillah, mengakhiri kinerja tahun 2023 ini Pemkab Basel kembali mendapatkan apresiasi dari Kemendagri. Kali ini terkait kapasitas pengelolaan keuangan daerah. Berdasarkan penilaian Kemendagri, Pemkab Basel meraih “grade” Pengelolaan Keuangan Daerah dengan skala “Tinggi”. Bahkan dengan skor yang diraih, Pemkab Basel mendapatkan peringkat ke-3 tertinggi secara nasional dalam kategori kabupaten/kota. Termasuk di Babel, Pemkab Basel juga meraih nilai tertinggi,” jelas Riza.

Ia juga mengapresiasi seluruh jajaran tim dan OD terkait, TAPD, Bappelitbangda serta Bakuda yang telah menyusun formulasi anggaran sekaligus mengawal proses administrasi dengan baik.

“Untuk pencapaian ini, saya mengapresiasi jajaran tim dan OPD terkait, TAPD, Bappelitbangda dan Bakuda yang sudah “all out” menyusun formulasi anggaran sekaligus mengawal proses administrasi dengan baik. Tentu ini semua akhirnya akan bermuara pada optimalisasi pembangunan Bangka Selatan sendiri,” ujarnya.

Sementara kepala Bappelitbangda Basel Herman mengatakan Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPK) merupakan instrumen penilaian kapasitas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masing-masing daerah.

“Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) merupakan instrumen penilaian kapasitas pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh masing-masing daerah,” jelasnya.

“Jadi pusat melalui Kemendagri secara rutin melakukan pengukuran melalui 5 dimensi. Alhamdulillah skor kita saat ini menempati peringkat tiga nasional untuk kategori kabupaten/kota dengan KKD sedang. Skor Pemkab Basel adalah 82,475 poin. Pencapaian ini tentu semakin menjadi motivasi bagi kita dan mudah mudahan kedepan prestasi kita semakin membanggakan,” tutup Herman. (Rls/Wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi