Bawaslu Babel Temukan 4.354 Lembar Surat Suara Rusak

BABELTERAKTUAL.COM, PANGKALPINANG – Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menemukan adanya surat suara rusak sebanyak 4.354 lembar yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Kerusakan surat suara tersebut pada semua jenis pemilihan meliputi surat suara sobek, bernoda, bolong, terlipat, surat suara terbelah nenjadi 2 atau cetakan tidak sempurna,” kata Ketua Bawaslu Babel, Osykar dalam rilisnya kepada media di Pangkalpinang, Rabu (10/01/24).

Osykar mengatakan selain itu terdapat kekurangan surat suara pada semua jenis pemilihan yaitu sebanyak 7.057 lembar yang tersebar di 7 Kabupaten/Kota. Ada juga persebaran surat suara yang tidak merata.

Dan hasil pengawasan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota terdapat surat suara dapil 4 (Belitung-Beltim) yang masuk ke Bangka Tengah sebanyak 147 lembar dan terdapat beberapa surat suara DPD Kepulauan Riau yang masuk ke 3 Kabupaten/Kota di Bangka Belitung yaitu Bangka Selatan, Bangka Barat dan Belitung Timur.

“Bawaslu Babel mengimbau jajaran KPU untuk melengkapi kekurangan surat suara pada pengadaan tahap 2 ataupun pasca penyortiran dan pelipatan suarat suara pemilu yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota,” tutup Osykar.(WA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi