Tahun 2024, Bangka Tengah Gelontorkan Rp156 Juta Dana Kebencanaan

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Sosial Pemerintahan Masyarakat dan Desa (DinsosPMD) Bangka Tengah menyiapkan dana sebesar Rp156 juta untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana tahun 2024.

“Anggaran untuk bantuan kebencanaan ini tidak terlalu banyak, sekitar Rp156 juta, kemarin ada yang sudah kita salurkan ada genangan air di Kelurahan Dul, kita beri bantuan pangan,” ungkap Kepala DinsosPMD Bangka Tengah, Padlillah, Senin (5/2/2024).

Ia menerangkan bantuan darurat bencana ini disalurkan berupa makanan dan pakaian kepada warga yang terdampak.

“Bantuan sandang dan pangan untuk tanggap darurat bencana, ini diberikan saat ada kebencanaan, termasuk banjir, puting beliung, dan kebakaran,” ujarnya.

Dikatakan Padlillah, penyaluran bantuan darurat bencana ini berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bangka Tengah (BPBD Bateng).

“Jadi, kita berkoordinasi dengan BPBD, mereka membantu dan kita menyiapkan, apabila warga butuh bantuan pangan dan sandang kita siapkan,” ucap Padlillah.

Kata Dia, adanya bantuan darurat bencana ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten kepada masyarakat yang terkena musibah.

“Ini bentuk kepedulian kami kepada yang terkena musibah, semoga dapat membantu masyatakat,” ujarnya..

Sementara itu, Kepala BPBD Bangka Tengah, Yudi Sabhara, mengatakan pihaknya siap siaga dalam penanganan dan pencegahan bencana di Bangka Tengah.

“Kita siap siaga, dan ada relawan yang ada di desa juga turut memantau serta melaporkan kondisi terkait cuaca yang sedang terjadi di desa sesuai domisili para relawan,” tandasnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi