Wabup Era Emban Amanah Jadi Ketua TPPS Bangka Tengah

BABERTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Wakil Bupati Bangka Tengah (Bateng), Era Susanto mendapat amanah menjadi Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Bangka Tengah menggantikan Sekda Bateng, Sugianto.

Kegiatan pengukuhan dilakukan langsung Bupati Bateng, Algafry Rahman di Widari Hotel Koba, sekaligus digelar Rapat Koordinasi tentang Rencana Kerja serta Penetapan Lokus Stunting.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman mengucapkan selamat kepada Era Susanto yang mendapat amanah menjadi Ketua TPPS Bateng.

“Alhamdulillah, hari ini kita kembali memfokuskan kegiatan untuk penurunan stunting di Bangka Tengah, apalagi sebelumnya kursi Wakil Bupati ini kosong, sehingga Ketua TPPS diambil alih Sekda Bangka Tengah,” ujar Algafry.

“Berhubung jabatan Wakil Bupati Bateng sudah terisi, maka saya minta saudara Era untuk ambil alih menjadi leader dalam penurunan angka stunting ini,” sambungnya.

Bupati Algafry, ingin semua pihak melakukan berbagai upaya untuk intervensi penurunan angka stunting, sesuai dengan target nasional yakni 14 persen.

“Namun, saya berharap di Tahun 2024 ini, rekan semua bisa berupaya penuh khususnya di Bangka Tengah, penurunan stunting itu hanya 1 digit, artinya sampai di 1 digit, minimal 9 persen masih tersisa,” terangnya.

Dikatakan Algafry, angka terakhir stunting di Bateng memang mencapai 21 persen, namun hasil tersebut di tahun 2023 belum keluar.

“Kita optimis angka stunting tahun 2023 menurun dan diangka 13 persen, kita juga menggelar rakor untuk menentukan langkah-langkah berikutnya,” tuturnya.

“Seperti di tahun sebelumnya, kita membangun jamban toilet di Penyak dan Kurau, yang mana akan kembali kita lanjutkan,” tambahnya.

Pihaknya juga bakal menurunkan anggotanya, jika masyarakat membutuhkan edukasi tentang stunting.

“Kita memiliki penyuluh sekitar 144 orang, yang bakal turun ke masyarakat, agar mereka lebih paham lagi tentang bagaimana hidup sehat dan bekeluarga,” pungkasnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi