Satlantas Polres Basel Gelar Operasi Keselamatan Menumbing 2024

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA SELATAN – Bagi pengendara kendaraan bermotor yang ada di seputaran Toboali, Bangka Selatan harus hati-hati dan bersiap-siap. Karena, mulai Senin (4/03/24) Satuan Lalulintas Polres Basel bakal menggelar Operasi Keselamatan Menumbing 2024.

Operasi tersebut digelar secara serentak mulai besok tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2024 mendatang.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho melalui Kasat Lantas, Iptu Edi Yusuf mengatakan operasi rutin tahunan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menjaga keselamatan bagi pengguna jalan.

“Operasi ini akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan. Sebelum operasi digelar, kita sudah memasang spanduk himbauan di beberapa tempat, seperti di Himpang Lime, Himpang Nanas, dan didepan Mapolres Basel,” kata Edi Yusuf, Minggu (3/3/2024).

Selain memasang spanduk, lanjut Edi, pemberitahuan operasi ini juga disampaikan melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook dan Twitter Polres Basel.

“Operasi ini ditujukan kepada pengguna jalan, pengendara Ranmor roda empat dan roda dua pesepeda, pejalan kaki dan warga masyarakat,” ujar Edi Yusuf.

Ia juga menjelaskan, dalam operasi keselamatan ini terdapat dua belas sasaran prioritas. Ke dua belas sasaran tersebut meliputi, melawan Arus atau contra flow, menerobos lampu merah, anak dibawah umur yang menggunakan kendaraan, berboncengan lebih dari satu orang.

Selain itu, tidak menggunakan helm, berkendara dibawah pengaruh alkohol, ranmor tidak sesuai spek, seperti spion, knalpot brong, lampu utama, rem dan lampu petunjuk.

Kemudian, mengemudi sambil menggunakan handphone, menggunakan ranmor tidak sesuai dengan peruntukannya, over load dan over dimensi, tanpa TNKB atau menggunakan TNKB palsu serta melebihi batas kecepatan.

“Harapan kami, dengan adanya operasi ini masyarakat dapat lebih meningkatkan bahwa pentingnya menjaga keselamatan diri pribadi dan orang lain sesama pengguna jalan. Disamping itu juga dibutuhkan kesadaran seluruh masyarakat dengan mematuhi peraturan berlalu lintas, dan mari jadikan keselamatan berlalulintas nomor satu,” pungkasnya.(RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi