Polres Basel Kembali Reboisasi Hutan Pasca Tambang

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA SELATAN – Polres Bangka Selatan menggelar kembali melakukan penanaman pohon secara serentak dalam rangka reboisasi hutan pasca penambangan biji timah, Kamis (21/3/2024).

Kegiatan yang dipusatkan Jalan Asem Desa Gadung, Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, dihadiri Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho, Wakapolres, Kompol Hary Kartono, PJU Polres Basel dan personil Polres Basel.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho mengatakan, kegiatan penamaan pohon ini merupakan intruksi langsung Kapolda Bangka Belitung sebagai wujud kepedulian Polri dalam menjaga kelestarian lingkungan melalui reboisasi dan rehabilitasi bekas tambang.

“Pada penanaman ini kita mengambil tema Reboisasi Hutan pasca tambang di Kabupaten Basel. Penanaman pohon ini memang menjadi sebuah intruksi langsung dari pak Kapolda Babel untuk merevitalisasi lahan-lahan kosong pasca Tambang,” kata Trihanto.

Selain itu, kata Trihanto, gerakan penanaman pohon ini bertujuan untuk melakukan penghijauan pada lokasi hutan yang gundul akibat dari aktifitas pertambangan yang ada di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya menciptakan lingkungan yang asri, mencegah berbagai bencana alam, dan mengurangi polusi, sehingga dapat memberikan efek positif bagi manusia,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan penamaan ini, Polres Bangka Selatan menanam sebanyak 50 pohon dengan jenis bibit pohon buah-buahan jenis jambu dan mangga.

“Dengan menanam puluhan bibit buah tersebut, diharapkan dapat menghijaukan kembali lahan bekas tambang. Selain itu juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga sekitar,” katanya.

Disamping itu, Ia juga mengajak masyarakat untuk memulai penghijauan dari lingkungan sekitar, serta mengajak untuk melakukan pengawasan dan pemeliharaan agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik.

“Seusai penanaman ini bukan hanya dibiarkan saja, tetapi juga kita pantau, kita rawat agar pohon yang sudah ditanami ini bisa berkembang dengan baik,” ujarnya.

“Saya berharap masyarakat juga mempunyai kesadaran akan pentingnya melestarikan lingkungan, salah satunya dengan menanam pohon pada lahan-lahan yang kosong, khususnya pasca tambang,” pungkasnya. (RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi