Gelar Musrenbang, Pj Sekda Basel Harapkan RKPD 2025 Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

BABELTERAKTUAL.COM – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) dalam rangka rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2025.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Serbaguna Pemkab Basel, pada Rabu (20/3/2024) itu mengusung tema “Meningkatkan Kualitas Pelayanan Infrastruktur, SDM dan Pelayanan Publik yang Kompetitif dalam Rangka Meningkatkan Perekonomian Daerah (penguatan landasan, transformasi ekonomi, sosial dan tata kelola)”.

Penjabat (Pj) Sekda Basel, Haris Setiawan menjelaskan tujuan dari Musrenbang RKPD tahun 2025 ini dilaksanakan untuk menyelaraskan dan menyerasikan usulan program kegiatan mulai dari tingkat Desa sampai ke Kabupaten yang kemudian mensingkronisasi terkait isu-isu program pembangunan yang ada di provinsi maupun tingkat pusat.

“Di tahun 2025 nanti ada beberapa capaian yang harus dicapai, salah satunya adalah faktor ekonomi. Melalui Musrenbang ini kita berharap kedepan ada peningkatan terus seperti indeks pembangunan manusia (IPM), indek rasio, inflasi dan banyak lainnnya,” jelas Haris, saat ditemui usai kegiatan rapat Musrenbang.

Dikatakan Haris, sesuai tema yang diusung, Pemkab Basel akan terus meningkatkan dan memberikan kualitas pelayanan baik dari segi infrastruktur, SDM dan pelayanan publik dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, berdasarkan laporan baik dari desa maupun stakeholder lainnya sudah cukup baik dan sesuai yang diharapkan, baik secara mikro maupun makro. Kalau untuk mikro yang bersifat jangka pendek memang sudah ada kita masukan dan sudah selaras. Karena itu, lewat Musrenbang hari ini kita mantapkan lagi dengan ide gagasan yang baru serta isu-isu yang berkembang saat ini,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, hasil dari rapat Musrenbang ini nantinya akan kembali dilakukan evaluasi yang selanjutnya akan di mantapkan.

Tak hanya itu, hasil usulan yang telah dieksekusi ditingkat Kabupaten tersebut juga akan disampaikan pada Musrenbang ditingkat Provinsi maupun pusat.

“Artinya, masih ada tahapan berikutnya yang masih harus dilalui,” ujarnya.

Sementara itu, kata Haris, Pemkab Basel sendiri masih konsen pada bagaimana indek pembangunan manusia (IPM) untuk terus ditingkatkan. Walaupun selama satu tahun ini peningkatan IPM meningkat cukup segnifikan tetapi masih menjadi yang terendah.

Meski demikian, Dalam hal ini Pemkab Basel juga masih tetap konsen pada 3 hal mulai dari sisi Ekonomi, Pendidikan dan Infrastruktur.

“Alhamdulillah berdasarkan informasi dari eksternal bahwa memang tingkat atau minat untuk bersekolah masyarakat kita memang sudah mulai relatif meningkat,” pungkasnya. (RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi