Gelaran PMBKS Bangka Tengah Hadirkan Permainan Bola Tampah

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Pagelaran Pekan Minat, Bakat dan Kreativitas Siswa (PMBKS) jenjang SD dan SMP sederajat di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) yang akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 21 Juni 2024, kali ini turut mengusung nilai-nilai tradisional asli Kabupaten Bangka Tengah.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Bangka Tengah, Era Susanto kepada awak media pada Rabu, (12/6/2024).

“Pemkab melalui Dinas Pendidikan Bangka Tengah juga mengusung nilai-nilai tradisional asli Kabupaten Bangka Tengah dengan mengusung permainan tradisional melalui permainan bola tampah,” terangnya.

Dikatakan Era, permainan bola tampah merupakan permainan bola yang terbuat dari jerami dan menggunakan tampah untuk menepuk bolanya, serta lesung sebagai gawangnya.

“Biasanya, permainan ini dilakukan pada saat panen sebagai rasa luapan kegembiraan, selain itu kegiatan ini juga akan mengedepankan aspek seni tradisonal Bangka Tengah dengan mengutamakan seni-seni asli Bangka Tengah,” ujarnya.

Kata Era, seni-seni asli Bangka Tengah ini, seperti penggunaan alat musik ataupun lagu-lagu melayu khas Kabupaten Bangka Tengah.

“Kami yakin dengan sudah masuknya permainan bola tampah ke dalam kurikulum muatan lokal di satuan pendidikan Bangka Tengah, akan menambah kemajuan kita dalan berolahraga dan kegiatan seni,” imbuhnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi