Siswa SMKN 2 Koba Bisa Magang di Kantor Desa Mulai September

BABELTERAKTUAL.COM, BANGKA TENGAH – Siswa SMK Negeri 2 Koba akan melakukan praktik ke kantor-kantor desa yang ada di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Ketua Apdesi Bangka Tengah, Yani Basaroni mengatakan praktik lapangan ke desa-desa itu akan dimulai pada September 2024 mendatang usai adanya kerjasama antar pihaknya dengan SMKN 2 Koba.

“Jadi, nanti akhir September saat anak-anak SMKN 2 Koba magang, mereka akan difasilitasi untuk magang di Kantor-Kantor desa. Insyallah ini adalah awal yang baik, ” ujarnya, Rabu (17/7/2024).

Namun untuk awal, pria yang akrab disapa Roni itu mengatakan akan menempatkan para siswa itu di sekitar Kecamatan Koba dan Lubuk Besar terlebih dahulu.

“Untuk pilot projectnya kita mulai dari Kecamatan Koba dan Lubuk Besar. Nanti akan berkembang sampai seluruh Bangka Tengah, jika memang ada sekolah-sekolah yang mau bekerja sama,” ujar Roni.

“Selama inikan biasanya cuma pemda saja, nah sekarang kami (desa) juga ingin memberikan pengajaran untuk anak-anak penerus bangsa, agar bisa belajar secara leluasa,” sambungnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kades Perlang itu menyebutkan, program ini adalah gebrakan dari Apdesi untuk merangkul anak-anak sekolah, agar bisa lebih paham tentang pemerintahan desa terutama untuk jurusan akuntansi, administrasi perkantoran dan juga komputer.

“Untuk SMKN 2 Koba ada administrasi perkantoran dan akutansi. Nah mereka bisa langsung belajar dengan mengelola laporan keuangan desa dan administrasi desa yang juga termasuk pemerintahan. Ini adalah gebrakan yang besar, ” ujarnya.

Ia berharap, kedepannya semua sekolah bisa bekerja sama dengan Apdesi untuk membangun Bangka Tengah lebih baik.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Koba Rasdian sangat menyambut baik usulan Ketua Apdesi untuk bekerja sama. Ia juga sangat berterima kasih pihak desa mau menerima para muridnya untuk magang di kantor desa.

“Tentu ini adalah hal baik, dan kita mau ini terus berlanjut agar anak-anak kami juga mendapatkan pengalaman yang lebih baik dengan segala sektor sesuai jurusan mereka,” pungkasnya. (SA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anda Dilarang Men-copy Isi